Sukses

4 Tips Tasya Kamila Agar Bisa Dapat Beasiswa LPDP

Mantan artis cilik Tasya Kamila merupakan salah satu penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP. Tasya menerima beasiswa LPDP pada 2016 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan artis cilik Tasya Kamila merupakan salah satu penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP. Tasya menerima beasiswa LPDP pada 2016 lalu.

Dia melanjutkan pendidikan S2-nya di New York, Amerika Serikat (AS) dengan mengambil jurusan Public Relation di Columbia University.

Seperti diketahui, saat ini pendaftaran LPDP 2022 sudah mulai dibuka. LPDP merupakan program beasiswa pemerintah Indonesia yang menyediakan beasiswa untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Saat hendak mengikuti seleksi program beasiswa ini, Tasya Kamila mengaku telah mempersiapkan berbagai persyaratan setahun sebelumnya.

Berbagai tips tersebut dibagikannya pada kanal YouTube Tasya Kamila sejak beberapa tahun lalu tepatnya 2016 silam. Berikut sejumlah tips yang dibagikan Tasya Kamila untuk peminat beasiswa LPDP dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengetahui Kemampuan yang Dimiliki

Melalui video yang diunggah Tasya pada tahun 2016, ia menjelaskan bahwa hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin mendaftar LPDP adalah mengetahui kemampuan yang dimiliki.

"Waktu aku masuk ke Columbia University, Agustus 2016, persiapan yang aku lakukan setahun dari waktu pendaftaran, yakni Januari 2015. Nah, langkah pertama yang aku lakukan adalah membuat daftar mengenai kemampuan yang sudah atau belum aku miliki, yang sesuai dengan kriteria persyaratan beasiswa itu," kata Tasya pada vlognya.

Hal tersebut juga bermanfaat agar tidak salah dalam memiliki jurusan.

 

3 dari 5 halaman

2. Mencari Informasi Tentang Kampus Tujuan

Kemudian istri dari Randi Bacthiar tersebut mengatakan bahwa mencari informasi seputar kampus tujuan sebanyak-banyaknya merupakan hal yang penting.

"Calon peserta dapat mencari informasi kampus melalui laman resmi ataupun menanyakan pada alumni kampus terkait profil kampus, jurusan maupun lingkungan belajar. Cari tahu informasi seputar beasiswa dan kampus yang kamu inginkan di website resmi kampus tersebut," ucap Tasya.

"Biasanya di sana ada sosialisasi online seperti webinar, dan sosialisasi offline dari alumni di kampus tersebut. Bertanya pada alumni juga jangan cuma persyaratan aja, tetapi juga kehidupan di kampusnya biar gak culture shock," sambung dia.

 

4 dari 5 halaman

3. Mengikuti Les untuk Meningkatkan Kemampuan

Setelah mencatat tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, menurut Tasya, perlu mengikuti les untuk mengembangkan kekurangan yang dimiliki.

Les tersebut akan sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan.

 

5 dari 5 halaman

4. Buat Timeline untuk Rencana Mendaftar Beasiswa

Selanjutnya hal yang harus dilakukan adalah membuat timeline. Hal tersebut berguna sebagai motivasi saat membuat cover letter dan mengirimkan lamaran beasiswa.

Dengan timeline tersebut semuanya akan lebih terencana mulai dari pembuatan cover letter dan esai, serta kapan harus mengirim surat lamaran beasiswa tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.