Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Ingin Lulusan Perguruan Tinggi Indonesia Miliki Daya Saing Global

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, menghadiri gelaran wisuda Universitas Indonesia (UI). Lewat orasi ilmiahnya, Ma'ruf meminta lulusan perguruan tinggi dapat memiliki daya saing yang kompeten di era globalisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, menghadiri gelaran wisuda Universitas Indonesia (UI). Lewat orasi ilmiahnya, Ma'ruf meminta lulusan perguruan tinggi dapat memiliki daya saing yang kompeten di era globalisasi.

"Kompetisi global menuntut kita untuk memiliki kemandirian. Oleh karena itu, dibutuhkan peran pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa," kata Ma'ruf Amin seperti dikutip dari siaran pers diterima, Sabtu (26/2/2022).

Ma'ruf menambahkan, setiap negara di era globalisasi akan saling berinteraksi, baik untuk kerja sama maupun berkompetisi. Namun Ma'ruf mengingatkan, masing-masing negara tetap dituntut untuk mandiri agar memiliki daya saing.

"Kita (tetap) harus memiliki daya saing yang tinggi dan mampu memenangkan akses terhadap berbagai peluang yang tercipta dari globalisasi. Dalam hal ini, lembaga pendidikan tinggi memiliki peranan yang sangat signifikan,” jelas Wapres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Krusial Pendidikan

Lebih lanjut, Wapres meminta, di samping tuntutan pendidikan tinggi untuk menyiapkan human capital secara individual, pendidikan tinggi secara luas juga memiliki peran penting dalam kemakmuran masyarakat di suatu negara, karena di dalamnya terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan kualitas SDM.

“Pendidikan tinggi memiliki peranan krusial bagi kemakmuran masyarakat dan bangsa, karena pendidikan tinggi adalah faktor penentu pertumbuhan ekonomi jangka panjang, kemajuan teknologi, dan peningkatan keahlian praktis,” Ma'ruf memungkasi.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.