Sukses

Dukungan untuk Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia

Pada hari ini, Sabtu (26/2/2022), Fraksi PKS DPR RI menggelar pertandingan persahabatan dengan Tim Nasional Sepak Bola Amputasi Indonesia di Lapangan Sepak Bola Komplek DPR RI, Senayan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Sabtu (26/2/2022), Fraksi PKS DPR RI menggelar pertandingan persahabatan dengan Tim Nasional Sepak Bola Amputasi Indonesia di Lapangan Sepak Bola Komplek DPR RI, Senayan Jakarta.

Hadir dalam kesempatan ini Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, serta sejumlah Anggota DPR PKS.

Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri membuka secara resmi pertandingan dengan kick off bola menggunakan penyangga kaki (kruk) sebagaimana seluruh anggota timnas penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya, Salim Segaf mengapresiasi semangat para pemain timnas amputasi untuk berlaga di kejuaraan dunia. Dan untuk itu semua, pihak harus mendukung penuh usaha mereka menembus keterbatasan yang ada untuk bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Kita semua apapun kondisi dan keterbatasan kita adalah satu bangsa dan satu negara, maka PKS hadir untuk mendukung Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia mengembangkan diri dan meraih prestasi di bidang olah raga. PKS hadir untuk mewujudkan kesetaraan bagi penyandang disabilitas," ungkap Salim melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022).

Menteri Sosial Periode 2009-2014 itu berharap, Pemerintah juga hadir untuk mensupport penuh anak bangsa penyandang disabilitas dalam berbagai bidang dan kreativitas.

Apalagi, kata Salim, Indonesia telah meratifikasi regulasi tentang disabilitas melalui UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mewajibkan negara hadir mewujudkan keadilan dan keseteraan bagi penyandang disabilitas di berbagai bidang kehidupan.

"Kami bangga dengan Timnas Amputasi Indonesia yang akan berlaga di tingkat dunia. Bola ini juga mengajarkan kita untuk bersama-sama, berbagi peran, pentingnya kerjasama, untuk tujuan bersama membangun negeri ini. Semoga sukses di kejuaran Bangladesh dan berikutnya Turki" papar Salim.

Salim kemudian berkisah bahwa dirinya saat menjabat Menteri Sosial RI pernah memimpin dan mendampingi langsung para atlet disabilitas untuk mengikuti kejuaran disabilitas dunia dan luar biasa mereka berprestasi dan mengharumkan nama bangsa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Bantuan Pembinaan

Sementara itu, menurut Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini pertandingan persahabatan ini digelar untuk mendukung Timnas Amputasi Indonesia yang akan mengikuti turnamen internasional di Bangladesh dan Turki.

Dalam kesempatan tersebut, Fraksi PKS memberikan bantuan pembinaan dan membiayai tiket timnas ke turnamen internasional di Bangladesh.

"Dengan bangga Fraksi PKS menyambut Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia untuk bertanding internasional. Kita support penuh, demikian juga kita berharap pemerintah juga mensupport penuh baik dari segi pembinaan maupun fasilitasi," kata Jazuli.

Menurut Anggota Komisi I DPR ini Fraksi PKS terus mengawal implementasi UU Penyandang Disabilitas untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan mereka sebagai warga negara yang dijamin hak-haknya. Fraksi PKS mendukung penuh UU ini, bahkan menjadi Ketua Panja saat masih RUU, yaitu Ibu Ledia Hanifa Amalia. 

"Kita mulai dari DPR dengan mendorong fasilitas bagi penyandang disabilitas di gedung ini. Sementara Pemerintah harus terus hadir mendukung kreativitas dan prestasi para penyandang disabilitas termasuk di cabang olah raga," jelas Jazuli. 

Jazuli berharap apresiasi dan dukungan Fraksi PKS kepada Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia menginspirasi pihak-pihak lain, elemen masyarakat, dan tentunya pemerintah untuk tidak henti-hentinya mewujudkan keadilan serta kesetaraan bagi penyandang disabilitas di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.