Sukses

Akun Media Sosial Ketua Umum AJI Diretas

Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Sasmito mendapat serangan siber. Akun media sosialnya terkena peretasan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Sasmito mendapat serangan siber. Beberapa akun media sosial miliknya diretas orang tak dikenal.

Ketua Bidang Advokasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Erick Tanjung menduga, peretasan berkaitan dengan aktivitas AJI yang belakangan fokus membahas kebebasan pers di Papua.

"Kami analisis ini bukan serangan terhadap Sasmito pribadi. Ini serangan kepada AJI karena AJI belakangan konsen mengawal isu-isu kebebasan pers di Papua, kekerasan Jurnalis, kriminalisasi jurnalis Papua. Itu agak menonjol aktivitas terakhir," kata Erick saat dihubungi, Kamis (24/2/2022).

Erick menerangkan, beberapa akun media sosial milik diketahui telah berpindah tangan pada Rabu sore 23 Februari 2022 sekitar pukul 18.00 WIB. Ada beberapa akun yang sudah tidak bisa diakses oleh Sasmito sampai hari ini. Di antaranya akun WhatsApp, Twitter, dan Instagram.

"Kemarin sore sekitar 18.00 WIB. Itu semua sudah tak bisa diakses. Kami lagi berupaya mengatasi masalah ini. Tadi, kami baru bisa mengambil alih kembali akun Facebook. Sementara yang lainnya belum," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Gubris Pesan dari Akun Ketum AJI

Erick mengimbau kepada rekan-rekan untuk tidak mengubris pesan-pesan yang dikirimkan melalui akun Sasmito untuk sementara waktu.

"Selain peretasan ada lagi upaya framing dan serangan digital. Ada black campaign di medsos. Makanya kami imbau rekan-rekan yang berhubungan dengan Sasmito tidak mengubris chat atau pesan atas namanya," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Mahasiswa Surabaya peretas website

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.