Sukses

Syafruddin: Umat Islam Harus Jadi Lokomotif Perubahan

Ketua Yayasan Indonesia Mengaji yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Pol (Purn) Syafruddin, mengunjungi Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (24/2/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Yayasan Indonesia Mengaji yang juga Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Pol (Purn) Syafruddin, mengunjungi Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (24/2/2022).

Dalam kunjungannya, Syafruddin diterima Pimpinan Gontor Hasan Abdullah Sahal, Amal Fathullah Zarkasy, Akrim Maryat, dan Direktur KMI Masyhudi Subari.

"Kunjungan dalam rangka silaturahim dan membicarakan berbagai hal, khususnya perkembangan umat Islam di Indonesia," ujar Syafruddin dalam keterangannya, Kamis (24/2/2022).

Syafruddin mengapresiasi Gontor konsisten sebagai lembaga pendidikan yang terus membina dan mengedepankan persatuan umat Islam. Syafruddin berharap akan kembali muncul pesantren-pesantren serupa Gontor.

"Umat Islam sebagai masyarakat mayoritas di Indonesia harus menjadi lokomotif perubahan, dan perubahan tersebut dimulai dari pesantren," kata Syafruddin.

Sementara pimpinan Gontor Hasan Sahal dalam sambutannya mengapresiasi tugas dan fungsi DMI dalam memajukan umat. Dia berharap, umat Islam di Indonesia terus bersatu, bersinergi, dan jangan mau dipecah belah.

"Kita harus solid, kuatkan persamaan dan kebersamaan, supaya tidak mudah terbelah, kata Hasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungi UNIDA

Sebelum mengunjungi Pesantren Gontor, Syafruddin juga sempat berkunjung ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Syafruddin bersama Rektor UNIDA Gontor Hamid Fahmi Zarkasyi memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa.

Di depan mahasiswa UNIDA, Syafrudin memaparkan tentang tantangan bonus demografi bangsa Indonesia dan peluang anak-anak muda untuk tampil menjadi pemimpin di masa depan.

Kunjungan diakhiri dengan ziarah ke Makam Kiai Ageng Mumammad Besari di Tegalsari, Ponorogo. Dari Tegalsari, rombongan Syafrudin bertolak ke Pondok Pesantren Tremas, Pacitan.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.