Partai Garuda Pertanyakan Senator Australia Serang Bali Sebut Penuh Kotoran Sapi di Jalanan

Oleh Liputan6.com pada 15 Agu 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 13:51 WIB
Sandiaga Uno Kritik Senator Australia yang Diduga Sebar Hoaks Soal Sapi di Bali
Perbesar
Senator Australia Pauline Hanson yang disebut menyebar pernyataan bohon soal sapi di Bali. (dok. Screenshoot Youtube Pauline Hanson's Please Explain)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi menanggapi Senator Australia Pauline Hanson yang disebut menyerang Indonesia dengan membuat pernyataan menjadikan Bali seakan sebagai pusat penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) hewan ternak.

"Pernyataan senator Australia bahwa kotoran sapi bertebaran di jalanan Bali dan orang-orang yang berjalan di sana menginjak kotoran sehingga warga Australia bisa menularkan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) setelah dari Bali, menimbulkan reaksi, karena pernyataannya tidak sesuai fakta di lapangan dan beliau tidak bisa memberikan bukti," ujar Teddy melalui keterangan tertulis, Senin (15/8/2022).

Menurut Teddy, dari pernyataan Senator Australia Pauline Hanson tersebut ada dua kemungkinan yang muncul.

"Senatornya yang bodoh sehingga bicara dengan data yang tidak akurat, atau memang Australia mau memframing bahwa selain di Bandara dan di salah satu toko daging ditemukan ada virus PMK, di tempat lain, Australia bersih dari virus," ucap dia.

Padahal menurut Teddy, bisa jadi virus PMK sudah beredar di peternakan-peternakan Australia.

"Tetapi demi melindungi bisnis sapi dari kerugian yang sangat besar, maka mereka mencari kambing hitam dengan menyalahkan Bali seolah-olah yang menyebabkan ditemukan virus PMK di 2 tempat di Australia berasal dari Bali," terang dia.

Teddy mengatakan, Indonesia boleh saja menganggap Australia sedang mencoba menunjukkan mereka bersih, tapi sebenarnya sedang tidak bersih.

"Bisa jadi virus PMK yang melanda Indonesia, berasal dari Australia, karena Indonesia mengimpor sapi terbanyak dari Australia, sangat mungkin kan? Tapi saya yakin, Senator Australia tidak sebodoh itu, membuat statemen tanpa data, bisa jadi memang ada yang ingin mereka tutupi," jelas Teddy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bali Dihina Senator Australia, Disebut Kota Penuh Kotoran Sapi

Sandiaga Uno Kritik Senator Australia yang Diduga Sebar Hoaks Soal Sapi di Bali
Perbesar
Senator Australia Pauline Hanson yang disebut menyebar pernyataan bohon soal sapi di Bali. (dok. Screenshoot Youtube Pauline Hanson's Please Explain)

Sebelumnya, Senator Australia Pauline Hanson memberikan komentar pedas soal kondisi Bali saat ini. Ia menyampaikan beberapa hal yang dinilai berseberangan dengan keindahan Bali.

Ungkapan ini terlihat dari unggahan Menteri Periwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dalam sebuah video pendek, Pauline Hanson terlihat menjabarkan kondisi Bali menurut pandangannya.

"Bali berbeda dengan negara lain karena sapi bebas berjalan dimana-mana, kotoran sapi bertebaran dan orang berjalan di atasnya," kata Pauline Hanson, dikutip Sabtu 6 Agustus 2022.

Pauline Hanson terus menambahkan kalau kondisi itu kemudian dibawa turis asal Australia kembali ke negaranya.

"Dan terbawa di pakaiannya dan orang itu kembali ke negara ini," katanya dengan nada cukup keras.

Menariknya, masih dalam video yang sama, seorang warga Australia, Damian Hoo langsung mematahkan argumen Pauline Hanson. Ia langsung membuktikan kondisi sapi di Bali tak seperti anggapan Pauline Hanson.

Damian langsung berjalan, kemudian bertanya kepada warga setempat tentang keberadaan sapi. "Sapi dimana?," tanya dia kepada salah satu warga.

Kemudian, ia berjalan ke sebuah tempat. Diketahui itu adalah kandang sapi dengan lebih dari 3 sapi berada disana.

Tak berhenti disitu, Damian Hoo mencari lokasi kotoran sapi, kemudian menginjaknya beberapa kali. Sampai sini, kondisi yang ditampilkan Damian Hoo mematahkan argumen Pauline Hanson secara telak.

"Oke, aku akan pulang, woohoo," tutup Damian Hoo.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

infografis journal
Perbesar
infografis journal 5 Jenis Penyakit Hepatitis. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya