Sukses

Polri Dalami Temuan Paket Organ Manusia untuk Desainer Indonesia dari Kampus Brasil

Polri turut mendapati informasi terkait temuan paket organ manusia yang dikemas untuk desainer asal Indonesia dan dikirim ke Singapura dari sebuah kampus di Brasil.

Liputan6.com, Jakarta - Polri turut mendapati informasi terkait temuan paket organ manusia yang dikemas untuk desainer asal Indonesia dan dikirim ke Singapura dari sebuah kampus di Brasil. Kini kepolisian tengah mencoba berkoordinasi dengan pihak Interpol Brasil.

"Sejauh ini pihak kepolisian Brasil mau pun interpol Brasil belum memberikan informasi kepada interpol Jakarta. Sebagai langkah kecepatan interpol Jakarta akan meminta konfirmasi kepada interpol Brasil terkait info tersebut," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis (24/2/2022).

Dedi belum merinci banyak langkah yang diambil Polri atas temuan dugaan paket organ manusia untuk desainer tersebut. Yang pasti, upaya kerja sama akan langsung dilakukan hari ini.

"Rencana hari ini akan dikomunikasikan dulu dengan interpol Brasil," kata Dedi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desainer Indonesia Dituduh Beli Organ Manusia dari Brasil dan Dikirim ke Singapura

Kepolisian Federal Brasil menggeledah temuan organ manusia yang dikirim ke luar negeri. Tujuannya adalah ke Singapura untuk seorang desainer muda Indonesia berinisial AP.

Menurut laporan Vice, Kamis (24/7/2022), upaya pengiriman itu ketahuan ketika pihak berwajib menggelar operasi anti-human trafficking di Amazonas State University di Kota Manaus.

Tindakan itu terkuak setelah ada bocoran informasi terkait apa yang dilakukan oleh laboratorium kampus tersebut.

Polisi Brasil menyebut desainer Indonesia tersebut menjual aksesoris dengan barang material dari manusia. Sebelumnya, desainer AP memang viral di media sosial karena menampilkan tas tangan dengan handle yang mirip tulang belakang manusia.

Organ manusia yang dikirim dari Brasil diduga berisi sebuah tangan dan tiga plasenta manusia. Organ tersebut terlanjur sudah dikirim dari Brasil.

 

3 dari 4 halaman

Instagram Digembok

Profesor dari kampus tersebut kini sedang diinvestigasi Sementara, instagram dari desainer AP sudah dikunci. 

Ini bukan pertama kalinya organ tubuh digunakan di dunia fashion. Sebelumnya, ada desainer Anthony-Noel Kelly dan Damien Hirst dari Inggris yang juga menggunakan bagian tubuh manusia. 

Anthony Noel-Kelly dipenjara selama sembilan bulan karena secara ilegal menyelundupkan tubuh manusia. 

Sementara, Damien Hirst sempat menuai kontroversi karena menampilkan karya seni dari tengkorak manusia yang dihiasi berlian. Karya itu dirilis pada 2017 dan dinamakan "For the Love of God."

4 dari 4 halaman

6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.