Sukses

Cak Imin Usul Pemilu 2024 Ditunda, PKB: Cerminan Partai Konsisten Dukung Jokowi

Waketum PKB, Jazilul Fawaid menyatakan, usulan Cak Imin agar Pemilu 2024 ditunda bukan berati partainya tidak konsisten mendukung pemerintah. Sebaliknya, ia mengklaim itu cerminan PKB konsisten mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda untuk memberi waktu pemulihan ekonomi.

Menanggapi hal tersebut, Waketum PKB, Jazilul Fawaid menyatakan bahwa usulan itu bukan berarti partainya tidak konsisten mendukung pemerintah. Sebab, pemerintah dan DPR telah menyepakati pemungutan suara Pemilu digelar pada 14 Februari 2024.

“Malah itu cerminan sikap konsistensi PKB dalam mendukung pemerintahan Pak Jokowi-Ma’ruf Amin,” kata Jazilul saat dikonfirmasi, Rabu (23/2/2022).

Jazilul menyebut, usulan Cak Imin membuktikan bahwa Ketum PKB itu jeli menjaring aspirasi masyarakat, terutama terkait pemulihan ekonomi.

“Usulan tersebut bagian dari kejelian Gus Muhaimin menangkap keinginan masyarakat, agar ekonomi dan politik tetap stabil dan berdampak positif bagi masyarakat,” tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usul Pemilu 2024 Ditunda Demi Pemulihan Ekonomi

Sebelumnya, Cak Imin mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda. Pernyataan itu disampaikan Cak Imin usai menerima pelaku UMKM, para pengusaha, dan para analis ekonomi perbankan.

“Dari seluruh masukan itu saya mengusulkan Pemilu tahun 2024 itu ditunda satu atau dua tahun. Agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang dan kemudian tidak terjadi freeze (pembekuan ekonomi) untuk mengganti stagnasi selama 2 tahun masa pandemi,” kata Gus Muhaimin dalam Keterangannya, Rabu (23/2/2022).

“Ya setahun lah maksimal dua tahun,” tambahnya.

Pria yang kerap disapa Gus Muhaimin ini juga mengaku, banyak masukan dari kalangan dunia usaha, terutama memasuki tahun 2022 sangat optimistis melihat peluang ekonomi dan untuk recovery dibutuhkan waktu 2 tahun.

 

3 dari 3 halaman

Akan Sampaikan Usulan ke Jokowi dan Pimpinan Parpol

Ke depan, Cak Imin akan mengkomunikasikan usul penundaan Pemilu 2024 tersebut kepada Presiden Jokowi dan para pimpinan partai politik.

“Semoga, usulan saya ini akan saya sampaikan ke teman-teman pimpinan partai, saya usulkan ke Pak Presiden, bagaimana apakah bisa? ya nanti kita lihat saja, apakah mungkin bisa diundur atau tidak. Ini usulan saya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.