Sukses

BUMD DKI Belum Tahu Apa Jabatan untuk Eki Pitung dan Hercules di Pasar Jaya

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Riyadi, membenarkan Eki Pitung menjabat sebagai Tenaga Ahli di Perusahan Daerah (PD) Pasar Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Riyadi, membenarkan Eki Pitung menjabat sebagai Tenaga Ahli di Perusahan Daerah (PD) Pasar Jaya.

Namun, kata Riyadi, sebelum menduduki jabatan itu, Eki Pitung atau yang bernama asli Muhammad Rifky itu sempat juga mengikuti asesmen pada BP BUMD DKI untuk menjadi calon direksi atau dewan pengawas pada sebuah BUMD di DKI Jakarta.

"Pak Eki betul pernah ikut assement di BP BUMD tetapi untuk calon direksi atau calon dewan pengawas itu iya betul asemenya kami. Tapi, kalau Pak Hercules kami enggak ikut," katanya di ketika dikonfirmasi Senin malam (21/2/2022).

Eki disebut menjadi Tenaga Ahli PD Pasar Jaya bersama Hercules atau Rosario de Marshall. Tapi, Riyadi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta ini belum mengetahui jabatan apa yang ditempati oleh keduanya di PD Pasar Jaya.

"Kalau sekarang saya belum tahu, karena saya belum dapat laporan. Katanya diangkat staf ahli atau staf khusus direksi," ujar Riyadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wewenang Direksi

Menurut Riyadi, untuk jabatan di bawah direksi, pihaknya tidak mempunyai wewenang untuk menentukan. Semuanya bergantung pada direksi, kecuali menyangkut jabatan direksi.

"Kami lagi menunggu laporan itu. Tetapi prinsipnya itu menjadi kewenangan direksi. Kedua, sepanjang itu diperlukan oleh direksi, ya silakan, karena itu kewenangannya direksi. Tentuny akan direksi pasti melakukan asesmen juga," bebernya.

Sebelumnya, Rosario de Marshall alias Hercules bersama M. Rifky atau Eki Pitung diangkat menjadi tenaga ahli Perusahaan Umum Daerah (PD) Pasar Jaya. Hal itu diakui langsung oleh Eki, yang juga menjabat wakil ketua Badan Musyawarah Betawi itu.

"Iya benar, Hercules ya sudah dilakukan fit and proper test juga," katanya ketika dikonfirmasi, Senin (21/2/2022).

Eki mengungkapkan, dia sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan pekan lalu. Namun, ujar dia, proses perekrutannya telah dilakukan sejak dua bulan yang lalu.

"Terakhir pas menjelang-menjelang keseriusan begitu di fit and proper test lagi sekali, hanya sifatnya interview," ujar Eki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.