Sukses

Terima Kunjungan Petinggi AL Korsel, KSAL Yudo Siap Jalin Kerja Sama Alutsista

Selain soal alutsista, petinggi AL Korsel dan KSAL Yudo Margono juga membahas soal kerja sama pertukaran perwira hingga pelatihan kru kapal selam.

Liputan6.com, Jakarta - Chief of Naval Operation Republic of Korea Navy atau Kepala Staf Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel), Admiral Kim Jung-Soo mengunjungi Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) di Cilangkap Jakarta Timur, Senin 21 Februari 2021.

Kedatangan petinggi AL Korsel ini disambut hangat Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

"KSAL kedua negara tersebut membahas mengenai rencana kerja sama strategis, khususnya kerja sama di bidang industri pertahanan khususnya Alutsista, bidang pendidikan, serta latihan bersama," tulis siaran pers Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal) yang diterima Liputan6.com, Senin (21/2/2022).

Dua pimpinan AL ini juga membahas mengenai pertukaran kader Akademi Angkatan Laut. Pertukaran ini mewadahi perwira siswa setingkat Sesko Angkatan, pelatihan kru kapal selam, serta pembahasan mengenai Transfer Of Technology (TOT) kapal selam Indonesia yang dibeli dari Korsel.

"Dalam pertemuan tersebut disetujui pula mengenai pelaksanaan Navy To Navy Talk (NTNT) yang sebelumnya dilaksanakan dua tahun sekali menjadi setahun sekali," jelas Dispenal.

Mengakhiri pertemuan, kedua KSAL ini berharap ke depan Angkatan Laut Indonesia dan Korea Selatan dapat saling berkoordinasi agar hubungan dan kerja sama yang telah terjalin selama ini semakin kuat.

"KSAL juga menginginkan jika tahun depan pandemi Covid-19 sudah berakhir, Korea Selatan dapat mengirimkan personel dan kapalnya untuk terlibat dalam kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK). Setelah kegiatan kunjungan kepada KSAL hari ini, KSAL Korea Selatan melaksanakan kegiatan kunjungan kerja kepada Panglima TNI," demikian keterangan Dispenal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Sebagai informasi, dalam kunjungan ini Kasal Korea Selatan juga direncanakan melaksanakan kegiatan peletakkan karangan bunga di Museum KRI Nanggala-402 yang berada di Koarmada II Surabaya sebagai bentuk belasungkawa atas tenggelamnya KRI Nanggala-402 dan melaksanakan kunjungan ke Koarmada II dan PT. PAL pada keesokan hari, Selasa (22/2).

Dalam kunjungannya ini, Kasal Korsel didampingi oleh Chief of Naval Policy ROKN HQ, RDML Kang Chung Ho, Flag Secretary ROKN HQ RDML(s) Kim Jungil, Adjutant of CNO LCDR Park Taeyong, Mil Foreign Affairs Officer & Interpreter LT. Ha Ye Chan, Defence Attache Korea in Jakarta Capt. Jung Yeun Soo, Director General DSME Mr. Yoo Sujun, Atase Pertahanan RI di Seoul Kolonel Pnb Akal Juang, Escort Officer Kolonel Mar Sungatijantoro serta Liasion Officer Letkol Laut (P) Andre Dotulung.

Dari pihak TNI AL, turut mendampingi KSAL Yudo adalah Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K., Asintel Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto serta Waaslog Kasal Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo.

Kredit foto: Disepen AL

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.