Bangga, Ini Sederet Event Internasional yang Bakal Diselenggarakan #DiIndonesiaAja

Oleh Reza pada 22 Feb 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 22 Feb 2022, 00:00 WIB
Joan Mir
Perbesar
Pembalap Suzuki, Joan Mir pada tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok. (Twitter/Suzuki Ecstar)

Liputan6.com, Jakarta Pandemi tak menghalangi eksistensi Indonesia di kancah internasional. Dengan segudang pariwisatanya, Indonesia tahun ini bakal menjadi tuan rumah berbagai event internasional yang diselenggarakan di Tanah Air. 

Hal itu dikarenakan Indonesia mampu mengatasi pandemi dengan cepat. Alhasil, banyak event internasional tidak ragu untuk menggelar acara #DiIndonesiaAja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut event internasional yang bakal digelar di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


KTT G20 2022

KTT G20
Perbesar
Jokowi di KTT G20. ©Setpres RI

Indonesia secara resmi memegang Presidensi Group of Twenty (G20) selama setahun penuh. Artinya, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan perhelatan yang dimulai dari 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di November 2022. 

KTT G20 jadi kesempatan Indonesia untuk mengoordinasikan berbagai kebijakan moneter tingkat global, sekaligus memperlihatkan sejumlah capaian ekonomi.

Pemilihan Bali sebagai tempat pertemuan bukan suatu alasan, pasalnya Bali memenuhi kriteria dan standar penyelenggaraan MICE pada pertemuan internasional. Dengan pariwisata di Bali, para tamu negara bisa menikmati keindahannya. Mulai dari Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Tanah Lot, sampai melihat megahnya Garuda Wisnu Kencana Culture Park. 

Tentu adanya kegiatan ini akan berdampak positif kepada pemulihan ekonomi kreatif di Bali. Hal itu merupakan salah satu strategi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kembali bangkit. 

Salah satu program terbaru dari Kemenpar adalah Program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia Tahun 2022. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa program KaTa Kreatif bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan, mengelola, dan mengonversi kreativitas serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya untuk mengembangkan potensi lokal.

Melalui pengembangan KaTa Kreatif, ia berharap masyarakat dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia semakin inovatif, adaptif, dan kolaboratif dalam meningkatkan kinerja ekonomi kreatif demi memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Karena dengan kolaborasi ini, kita terus berkomitmen dan konsisten melalui beberapa program yang tepat sasaran dan tepat waktu untuk membangkitkan ekonomi kreatif,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Lebih lanjut mengenai KaTa Kreatif Indonesia, Sandiaga juga akan mengawal program Bantuan Pemerintah (Banper) infrastruktur ekonomi kreatif, yang akan diberikan kepada komunitas/kelompok masyarakat, lembaga pemerintah, non-pemerintah, berupa pemberian bantuan pengembangan sarana dan prasarana infrastruktur.


MotoGP 2022

Sirkuit Mandlika
Perbesar
Sirkuit Mandlika

Event balapan Internasional ini menyita perhatian publik. Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu menggelar MotoGP 2022 dan berlangsung di Sirkuit Mandalika.

Tes pramusim di Sirkuit Mandalika pada tanggal 11-13 Februari 2022 mampu membuat jagat maya gempar. Pasalnya, para pembalap dunia, seperti Alex Rins, Marc Marquez, Jorge Martin, hingga Aleix Espargaro mulai menikmati keindahan pulau yang dijuluki Pulau 1000 masjid itu. 

Mulai beradaptasi dengan suasana di Indonesia yang tentunya berbeda dengan negara asalnya, ada banyak momen unik yang dilakukan para pembalap setibanya di Lombok. Tentunya aktivitas yang dijalani para pembalap MotoGP ini tak lepas dari perhatian warganet.

Mulai dari menikmati es degan, membeli pulsa dan kartu perdana di konter, sampai momen pembalap Enea Bastianini mengusir kelelawar di kamarnya. Beragam momen setibanya para pembalap di Lombok ramai di media sosial.

Hal itu baru tes pramusim. Belum nanti saat race MotoGP dimulai. Tentu bakal menjadi perhelatan yang besar di Indonesia. 


Global Platform for Disaster Risk Reduction 2022

Global Platform for Disaster Risk Reduction 2022
Perbesar
Global Platform for Disaster Risk Reduction 2022

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Platform For Disaster Risk Reduction (GDRR) ke-7/2022 yang diikuti 193 delegasi dari berbagai negara di dunia pada 23-28 Mei 2022 di Bali.

Kegiatan ini merupakan pertemuan ke-7 dari forum dua tahunan yang digagas oleh Badan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk Pengurangan Risiko Bencana atau United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR). Selain membahas mengenai risiko bencana, para tamu negara bisa menikmati keindahan pulau Bali. Dengan suguhan panorama alam yang apik dan keindahan pantai yang menawan. 


WCCE 2022

WCCE 2022
Perbesar
Serayu Pot & Terracotta, Ubud, salah satu kerajinan tangan di Bali (Foto : Wonderfulimage.id/Azhari Setiawan)

World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022 akan diselenggarakan di Bali. World Conference on Creative Economy (WCCE) merupakan Konferensi Dunia tentang Ekonomi Kreatif dan merupakan forum kolaborasi antar-negara guna peningkatan kesadaran atas pentingnya strategi industri ekonomi kreatif.

Hal itu juga menjadikan Bali sebagai contoh ekonomi kreatif. Bisa dilihat, Pulau Dewata memiliki segudang pariwisata alam yang bisa dinikmati. Mulai dari Tanah Lot, Pantai Pandawa, Gunung Agung, dan sebagainya 

Selain itu, Bali bisa menjadi contoh kebangkitan ekonomi kreatif dengan adanya pagelaran untuk mengenal lebih dekat Bali. Sebagai contoh, merek fashion ternama, Dior menggunakan kain Endek Bali dalam koleksinya. Dior memakai kain Endek Bali sebagai bagian dari koleksinya.

Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 yang diperagakan dalam Paris Fashion Week pada 29 September 2020 di Jardin de Tuileries, Paris.


World Tourism Day 2022

Gaya Widika Sidmore saat Diving, Lihat Pemandangan Bawah Laut
Perbesar
Widika memang dikenal sebagai sosok perempuan yang gemar traveling. Hal tersebut terbukti saat ia ditunjuk menjadi host acara petualang di salah satu televisi swasta Tanah Air. Saat menjelajahi indahnya lautan Raja Ampat, ia tak lupa mengabadikan fotonya di antara karang. (Liputan6.com/IG/@wdkds)

Indonesia resmi menjadi tuan rumah World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia 2022 yang akan digelar pada 27 September 2022.  Keputusan itu disahkan pada Sidang Majelis Umum ke-24 Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) pada 30 November-3 Desember 2021 di Madrid.

Sidang Majelis Umum UNWTO adalah pertemuan dua tahunan negara-negara UNWTO untuk membahas kebijakan pariwisata dunia. Nantinya negara-negara tersebut sepakat bahwa pariwisata adalah pilar pembangunan yang menyerap banyak lapangan kerja, inklusif, dan berkelanjutan. 

Oleh karena itu, percepatan pemulihan pariwisata dunia pascapandemi Covid-19 harus terus dilakukan, salah satunya dengan mengupayakan ketersediaan vaksin. Indonesia pun memiliki kepentingan besar untuk memajukan agenda-agenda pariwisata global, terutama pemulihan pariwisata pascapandemi Covid-19. Sebagai informasi, Indonesia telah menjadi anggota UNWTO sejak tahun 1975.

Belum lama ini Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia versi Majalah Time Out dengan keelokan alam yang dimiliki. Menurut Sandiaga Uno masyarakat tidak perlu liburan ke luar negeri, karena pariwisata Indonesia telah menyediakan semuanya. "Nah kalau liburan, enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri ya. Sebab, #DiIndonesiaAja kamu udah bisa dapetin semuanya. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga secara tak langsung sudah berkontribusi terhadap kebangkitan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja" tulis Sandi dalam akun Instagram-nya (12/2/2022).

Follow akun Instagram @pesonaid_travel untuk mendapatkan  informasi destinasi dan inspirasi ekonomi kreatif yang ada #DiIndonesiaAja, selain itu ikuti program Pesona Punya Kuis (PUKIS) pada akun @pesonaid_travel yang akan membagikan hadiah jutaan rupiah serta merchandise Wonderful Indonesia. 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya