Sukses

3 Pernyataan Kapolda Papua Terkait Aksi Penembakan KKB

Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri angkat bicara soal aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Sabtu pagi 19 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri angkat bicara soal aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Sabtu pagi 19 Februari 2022.

KKB melakukan penembakan di kawasan Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Fakhiri menegaskan, aparat TNI dan Polri tidak akan terpancing dengan berbagai tindakan provokasi yang dilakukan oleh KKB Papua.

Dia menjelaskan, terjadi insiden gangguan keamanan oleh kelompok bersenjata di kawasan Bandara Aminggaru Ilaga hingga mengakibatkan Prajurit Kepala Hermansyah, anggota Kopasgat TNI AU tertembak di bagian bahu kanan dan kiri.

"Tadi pagi memang ada gangguan. Dalam pergelaran Operasi Damai Cartenz, kita selalu berupaya untuk sabar, karena sabar dalam memberikan kasih tentunya akan melahirkan damai sejahtera," ujar Irjen Fakhiri, Sabtu 19 Februari 2022 dikutip Antara.

Hingga kini, Irjen Fakhiri terus memantau perkembangan situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Puncak, terutama di sekitar Kota Ilaga, lebih khusus di kawasan Bandara Aminggaru.

Berikut 3 pernyataan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri soal kembali terjadinya insiden penembakan yang dilakukan KKB dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tegaskan Tak Akan Terpovokasi dan Tetap Sabar

Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menyebut aparat TNI dan Polri tidak akan terpancing dengan berbagai tindakan provokasi yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sebagaimana terjadi di kawasan Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak pada Sabtu pagi 19 Februari 2022.

Kapolda Papua mengakui pada Sabtu pagi terjadi insiden gangguan keamanan oleh kelompok bersenjata di kawasan Bandara Aminggaru Ilaga hingga mengakibatkan Prajurit Kepala Hermansyah, anggota Kopasgat TNI AU tertembak di bagian bahu kanan dan kiri.

"Tadi pagi memang ada gangguan. Dalam pergelaran Operasi Damai Cartenz, kita selalu berupaya untuk sabar, karena sabar dalam memberikan kasih tentunya akan melahirkan damai sejahtera," ujar Irjen Fakhiri, Sabtu 19 Februari 2022 dikutip Antara.

 

3 dari 5 halaman

2. Bawa Misi Kedamaian, Bukan Takut pada KKB

Kapolda Papua Irjen Fakhiri menegaskan seluruh anggota TNI-Polri yang hadir di Papua saat ini membawa misi untuk menciptakan kedamaian.

Karena itu, katanya, ketika terjadi insiden gangguan oleh kelompok bersenjata maka anggota TNI dan Polri tidak lagi dalam posisi untuk merespon lebih jauh setiap gangguan yang terjadi. Hal itu, katanya, bukan mau menunjukkan bahwa TNI dan Polri takut dengan kelompok bersenjata.

"Saya tegaskan TNI-Polri bukan takut menghadapi mereka. Kami tentunya akan tegas dan terukur apabila mereka berani datang ke tempat kami," ucap Irjen Fakhiri yang merupakan putra asli Papua itu.

 

4 dari 5 halaman

3. Terus Ajak Kooperatif dan Pantau Kondisi

Kapolda Papua Irjen Fakhiri berharap jajaran Pemerintah Daerah yang sudah diberi kepercayaan untuk berada pada garda terdepan dalam penyelesaian konflik dan kekerasan di Tanah Papua dapat memainkan peran masif nya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

"Ini supaya masyarakat yang masih berseberangan itu bisa diajak untuk kooperatif mau kembali ke kampungnya, menyimpan senjata dan kembali membangun kampungnya sehingga bisa hadir kedamaian di Ilaga. Tentu ini membutuhkan banyak pengorbanan," tegas dia.

Hingga kini Kapolda Papua terus memantau perkembangan situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Puncak, terutama di sekitar Kota Ilaga, lebih khusus di kawasan Bandara Aminggaru.

5 dari 5 halaman

Baku Tembak TNI Vs KKB Papua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.