Sukses

Selain Tembak Karyawan, KKB Juga Bakar Mes dan Rumah Warga di Ilaga Papua

KKB menembak karyawan serta membakar mes pegawai PT MTT dan rumah warga di Distrik Ilaga, Puncak, Papua. Di waktu yang sama, KKB juga menembak anggota TNI di Bandara Aminggar Ilaga.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) meneror karyawan PT Marta Tunggal Teknik (MTT) di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Selain menembak, KKB juga diduga membakar mes atau tempat tinggal karyawan PT MTT dan rumah warga setempat.

Kasatgas Humas Damai Cartenz, Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, mes karyawan PT MTT dan satu unit rumah warga hangus terbakar usai peristiwa penembakan terhadap seorang karyawan. Pelaku pembakaran diduga kuat KKB.

"Setelah kejadian penembakan terhadap kariyawan PT MTT terlihat asap tebal dari arah kali Ilame Kampung Wako yang merupakan mes karyawan PT MTT dan salah satu unit rumah sudah terbakar habis," kata Kamal dalam keterangan tertulis, Minggu (20/2/2022).

Kabid Humas Polda Papua itu menjelaskan, kebakaran dilaporkan seorang karyawan PT MTT ke personel Polres Puncak. Ketika itu, karyawan PT MTT melihat anggota KKB sedang berlari-lari di jembatan Kali Ilame sambil memegang 3 pucuk senjata.

"Salah satu karyawan PT MTT menelepon dan melaporkan kepada personel Polres Puncak untuk meminta tolong mengevakuasi," terang Kamal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tembak Karyawan PT MTT

Sebelumnya, salah satu karyawan PT MTT atas nama Glen Sumampo ditembak KKB. Korban bersama rekannya diserang KKB di dekat Tugu Kampung Kago Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Sabtu, 19 Februari 2022 pukul 15.30 WIT.

Kamal menjelaskan, insiden itu terjadi saat korban bersama rekannya James Boniyaga sedang berkendara menuju Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak untuk mencari jaringan internet sekaligus mencari galon air minum.

Korban kemudian dicegat oleh KKB setibanya di dekat Tugu Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Mereka berdalih hendak meminjam korek api untuk membakar rokok, namun malah menembaki truk dan korban.

"Pelaku menembak truk PT MTT yang mengakibatkan korban Glen Sumampo terkena tembakan pada rusuk kiri tembus rusuk kanan atas," ungkap Kamal.

Pelaku langsung melarikan diri ke arah Tower Telkomsel, Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Sementara korban dievakuasi menuju Puskesmas Ilaga oleh rekannya dan warga setempat.

"Rekan dibantu masyarakat yang berada membawa korban menggunakan kendaraan sepeda motor," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Tembak TNI

Pada hari yang sama, KKB juga diketahui menembaki Anggota Paskhas TNI yang berada di Bandara Aminggar Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Terkait insiden ini, Kamal menyayangkan peristiwa itu kembali terjadi. Padahal, Polri bersama TNI selalu berupaya melaksakan kegiatan dengan penuh kedamaian.

"Namun, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) masih saja melakukan aksi kekerasan terhadap TNI-Polri dan Masyarakat," terang dia.

Kamal menyatakan, TNI-Polri akan melaksanakan penindakan tegas terukur terhadap pelaku pelanggar hukum.

"Apalagi melakukan kekerasan menggunakan senjata api," katanya menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.