Sukses

Top 3 News: Urgensi di Balik Penambahan Personel Densus 88 Sebanyak Dua Kali Lipat

Penambahan personel Densus 88 diharapkan dapat mengoptimalkan pemberantasan aksi terorisme.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pasukan Detasemen Khusus atau Densus 88 Polri akan ditambah dua kali lipat. Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, penambahan tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan penanganan kasus terorisme di Tanah Air.

Berita tersebut menjadi sorotan pembaca Liputan6.com Sabtu kemarin.

Untuk diketahui, jumlah personel tim Densus 88 saat ini ada 3.701 personel. Dengan rencana penambahan anggota dua kali lipat tersebut, situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat dapat jauh lebih kondusif.

Ada pula berita soal Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang menuai sorotan. Belum lama ini, Firli memberi penghargaan kepada istrinya, Ardina Safitri karena telah menciptakan mars dan hymne lembaga antirasuah.

Sontak hal ini menuai beragam kritik, salah satunya datang dari Novel Baswedan. Menurut Novel hal tersebut akan menimbulkan konflik kepentingan. Karena menurut mantan penyidik KPK tersebut, sejak didirikan, keterlibatan keluarga dalam urusan dinas selalu dihindari. 

Berita terpopuler ketiga pada Sabtu, 19 Februari kemarin terkait dua gempa yang getarkan wilayah Indonesia. Gempa tersebut terjadi di Jembrana Bali dan Maluku Tenggara Barat.

Maluku Tenggara Barat diguncang gempa pada pukul 07:44:57 WIB. Gempa bumi dilaporkan berkekuatan magnitudo 5,0.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 19 Februari 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. HEADLINE: Kapolri Harap Kekuatan dan Anggaran Densus 88 Ditingkatkan, Urgensinya?

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merencanakan penambahan anggaran dan personel Detasemen Khusus atau Densus 88 Polri sebanyak dua kali lipat. Apa urgensinya?

"Jumlah personel (Densus 88 saat ini) 3.701, saya harapkan berkembang dan bisa dua kali lipat. Sehingga rekan-rekan memiliki kekuatan yang cukup termasuk anggaran, sarana dan prasarana juga ditingkatkan, demikian juga kemampuan yang dimiliki rekan-rekan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangannya.

Penambahan personel Densus 88 diharapkan dapat mengoptimalkan pemberantasan aksi terorisme. Nantinya, Densus juga akan memiliki peranan untuk memantau perkembangan terorisme di skala Internasional. Menurutnya, detasemen berlambang burung hantu itu harus dapat beradaptasi menghadapi segala bentuk tantangan ke depan.

Salah satunya, Listyo menyebutkan dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi (IT) yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku terorisme.

Menurut Listyo, personel Densus harus dapat bersinergi dan bekerja sama dengan seluruh institusi di dalam negeri, tokoh agama hingga mereka yang berada di negara lain.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Ironi Firli Bahuri, Pecat Pegawai KPK Berprestasi, Beri Penghargaan Istri Sendiri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kembali membuat kontroversi. Firli memberikan penghargaan kepada istrinya, Ardina Safitri lantaran telah menciptakan lagu untuk dijadikan mars dan hymne lembaga antirasuah.

Kritikan terhadap Firli tidak hanya terjadi kali ini saja. Firli yang sempat divonis melanggar kode etik insan KPK ini juga pernah mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan, bahkan saat memecat 57 pegawai KPK melalui tes wawasan kebangsaan (TWK). 

Sorotan terhadap Firli lantaran dari nama-nama pegawai yang dipecat yakni mereka yang selama ini memiliki prestasi dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Salah satu yang dipecat Firli yakni Novel Baswedan yang pernah mendapat penghargaan antikorupsi internasional tahun 2020 dari Perdana International Anti-Corruption Champion Foundation (PIACCF). Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad memberikan langsung penghargaan itu kepada Novel.

Selain Novel, ada juga nama Giri Suprapdiono, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi KPK yang pernah mendapat penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai peserta diklat tim terbaik bersama direktur seluruh lembaga. Giri mendapat Makarti Bhakti Nagari Award Desember 2020.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gempa Guncang Jembrana Bali dan Maluku Tenggara Barat pada Sabtu 19 Februari 2022

Gempa bumi kembali getarkan wilayah Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan ada dua lindu yang terjadi hari ini, Sabtu (19/2/2022) hingga pukul 20.00 WIB.

BMKG menyebut gempa pertama terjadi di Kabupaten Jembrana, Bali. Gempa bermagnitudo 3,1 tersebut berpusat di darat.

Saat gempa bumi terjadi, getarannya dirasakan hingga Buleleng dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity).  

Sementara, lindu kedua hari ini terjadi di Maluku Tenggara Barat. Berkekuatan magnitudo 5,0. BMKG melaporkan lokasi gempa berada pada 186 km barat laut Maluku Tenggara Barat.

 

Selengkapnya...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.