Sukses

Mensos Risma Dorong Edukasi Masyarakat di Daerah Rawan Bencana untuk Minimalisir Risiko

Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta semua pihak meningkatkan kewaspadaan dan diberikan edukasi yang baik dalam mengantisipasi bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta semua pihak meningkatkan kewaspadaan dan diberikan edukasi yang baik dalam mengantisipasi bencana. Hal ini agar masyarakat memiliki kemandirian dalam meminimalkan dampak bencana.

Hal ini disampaikan Risma saat mengunjungi lokasi banjir di Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jumat (18/2/2022) malam.

Risma juga menekankan pentingnya para pemangku kepentingan memastikan keselamatan kelompok rentan dalam penanganan bencana.

Hal ini bisa dilakukan, salah satunya dengan memberikan tanda di setiap rumah kelompok rentan, yakni lansia, penyandang disabilitas, atau balita dan ibu hamil.

“Di setiap rumah kelompok rentan ini bisa diberikan tanda. Nanti bila bencana datang, tagana dan instansi penanganan bencana lainnya bisa memberikan prioritas penanganan terhadap mereka,” kata Risma seperti dikutip dari Antara.

Sebelum ke Sukabumi, Risma mengecek lokasi bencana di kawasan Vila Nusa Indah di Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Dalam kunjungannya, Risma menekankan pentingnya kesiagaan dan koordinasi yang baik dari unsur penanganan bencana di daerah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengenali karakter wilayah masing-masing daerah.

Misalnya, di daerah dengan tingkat kemiringan tertentu, akan meningkatkan risiko bencana terutama pada saat musim hujan seperti sekarang.

"Kondisi di sini hampir sama dengan di Vila Nusa Indah. Daerahnya terletak di kemiringan, kondisi seperti ini memerlukan langkah antisipasi, karena potensi bencana lebih besar," kata dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi Masyarakat di Daerah Rawan Bencana

Mensos Risma meminta warga yang tinggal di kawasan rawan bencana seperti di perbukitan, lereng tebing, dan kawasan dengan kemiringan tertentu, bisa meningkatkan kewaspadaan di saat intensitas hujan meningkat. Misalnya, menyiapkan selter sementara.

“Saya minta ada edukasi terhadap masyarakat di wilayah rawan bencana. Kalau intensitas hujan meningkat seperti saat ini, mereka bisa menempati tenda atau selter sementara yang memang sudah disiapkan. Nanti kalau bisa dipastikan ancaman bencana sudah menurun, bisa kembali ke rumah,” kata Mensos.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.