Sukses

Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka per 17 Februari 2022, Kuota 500 Ribu Orang

Bagi yang berminat dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi Program Kartu Prakerja melalui www.prakerja.go.id.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi membuka pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23, Kamis 17 Februari 2022. Kouta yang dibuka tahun ini sebanyak 500 ribu orang.

"Gelombang 23 dibuka dengan kuota sebanyak 500.000 orang. Gelombang selanjutnya akan dibuka dengan jumlah kuota yang sama," kata Airlangga Hartarto dalam keterangan pers daring yang dipantau di Jakarta, Kamis dilansir Antara.

Bagi yang berminat dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi Program Kartu Prakerja melalui www.prakerja.go.id.

Bagi pendaftar yang lolos sebagai penerima, Airlangga meminta dapat segera memilih pelatihan yang benar-benar dibutuhkan dengan memanfaatkan fitur 'pencarian pelatihan' di dashboard.

"Jika telah menyelesaikan pelatihan, manfaatkan fitur 'rekomendasi pekerjaan' untuk melihat lowongan kerja yang sesuai dengan kompetensi dan pelatihan yang telah diselesaikan. Penerima Kartu Prakerja dapat memanfaatkan dengan melampirkan sertifikat pelatihan Pra Kerja untuk melamar pekerjaan," ucapnya.

Lantas, syarat apa saja yang dibutuhkan untuk bisa lolos program Kartu Prakerja Gelombang 23?

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.

2.Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.

5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/Komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Sedangkan dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftar kartu prakerja. Antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Serta harus memiliki nomor telepon aktif. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Besaran Bantuan Kartu Prakerja

Menurut Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Kartu Prakerja gelombang 23 dan seterusnya masih akan diprioritaskan bagi mereka yang belum menerima bantuan, mengingat statusnya sebagai program semi-bansos.

Adapun besar bantuan Kartu Prakerja di tahun ini masih sama seperti periode sebelumnya, yakni Rp 3.550.000. Dengan rincian biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif Rp 2,4 juta, dan juga insentif survei Rp 150 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.