Sukses

Bangun Wilayah Pertahanan di IKN, Panglima TNI Sebut Butuh 4.500 Hektar

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, TNI membutuhkan sekitar 4.500 hektar untuk membangun wilayah pertahanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, TNI membutuhkan sekitar 4.500 hektar untuk membangun wilayah pertahanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dia pun merinci untuk Angkatan Darat ada 2.700 hektar kemudian 2.400 hektarnya untuk pembangunan Lanud. Sedangkan Angkatan Laut sekitar 980 sampai 1.000 hektar.

"Jadi total kira-kira 4.500 hektar," kata Andika di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Dia menjelaskan, TNI AD membutuhkan tambahan Kodam dan perangkatnya, yaitu terdiri dari teritorial dan satuan tempurnya.

"Kemudian kalau satuan tempur brigade ada infanteri, ada resimen artileri pertahanan udara, resimen artileri pertahanan medan, dan alutsista," jelas Andika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angkatan Laut

Sementara itu, TNI AU membutuhkan bagian armada, bagian kanal, satuan pembelian dan perbaikan, termasuk pengamanan Alutsistanya.

TNI AU membutuhkan kehadiran Lanud, serta komando sektor pertahanan udara beserta alutsista.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.