Sukses

Puncak Kasus Covid-19 Varian Omicron Lampaui Delta, Kapolri: Percepat Vaksinasi

Kapolri Listyo Sigit ketika meninjau vaksinasi massal di Jababeka Convention Center, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (17/2/2022), menuturkan, pihaknya siap membantu percepatan vaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meminta mempercepat pemberian vaksinasi Covid-19 setelah jumlah kasus konfirmasi Covid-19 varian Omicron telah melampaui puncak kasus Delta.

Listyo Sigit ketika meninjau vaksinasi massal di Jababeka Convention Center, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (17/2/2022), menuturkan, pihaknya siap membantu percepatan vaksinasi Covid-19.

"Seluruh Forkopimda terus akan melaksanakan kegiatan untuk mempercepat akselerasi vaksinasi, karena kita memang melihat saat ini angka kasus varian Omicron sudah melewati puncak dari varian delta," kata Kapolri Listyo Sigit.

Listyo menerangkan, pemerintah bersama TNI Polri harus memastikan masyarakat siap menghadapi situasi yang sekarang ini. Dia menambahkan, strategi yang dikedepankan ialah memastikan agar masyarakat telah tervaksinasi.

Apabila telah tervaksinasi, dia percaya imunitas masyarakat berada dalam kondisi yang siap menghadapi Covid-19. Listyo menargetkan sebanyak 1.100.656 dosis vaksin tersalurkan pada hari ini (17/2/2022), di mana ada di 5.086 titik yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia.

"Perlu kami informasikan hari ini kita menargetkan minimal secara nasional di angka 1.100.656 orang yang terdiri dari 836.045 vaksin dosis pertama, kemudian 264.611 untuk vaksin ketiga, tadi yang pertama termasuk dosis kedua," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Masyarakat Lakukan Vaksin

Dalam kesempatan ini, Listyo mengajak masyarakat yang belum divaksin agar segera datang ke gerai-gerai vaksin Covid-19 yang sudah disiapkan baik di provinsi, kabupaten, kepolisian, puskesmas dan seluruh tempat yang disiapkan.

"Sehingga kita yakin vaksinasi baik dosis pertama, kedua dan ketiga khususnya lansia ini betul-betul bisa terlaksana dengan baik karena memang angka fatalitas atau kematian memang lebih besar berdampak ke lansia atau komorbid angkanya 83 persen," papar Listyo.

Mantan Kapolda Banten ini juga menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meskipun sudah divaksinasi. Penggunaan masker, lanjut Listo adalah hal yang penting guna melindungi diri sendiri dan orang lain agar tak terpapar Covid-19.

"Pemerintah juga sudah mengeluarkan edaran terkait dengan kerumunan dan aktivitas. Tolong diikuti karena ini dalam rangka menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.