Sukses

Profil Jack Lapian, Relawan Jokowi yang Meninggal, Pernah Laporkan Rocky Gerung hingga Anies

Kabar duka datang dari salah satu relawan Joko Widodo, Jack Boyd Lapian atau Jack Lapian yang meninggal dunia pada Rabu malam 16 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari salah satu relawan Jokowi, Jack Boyd Lapian atau Jack Lapian yang meninggal dunia pada Rabu malam 16 Februari 2022.

Jack Boyd Lapian adalah cucu dari seorang pahlawan nasional asal Sulawesi Utara, Bernard Wilhelm Lapian. Namanya melambung usai menjadi pelapor dalam berbagai kasus yang menyangkut dengan penistaan agama.

Salah satunya, yang masih segar diingatan adalah ketika Jack Lapian berupaya menyeret musikus Ahmad Dhani ke meja hijau atas kasus ujaran kebencian. Benar saja, akibat ulahnya itu Ahmad Dhani meringkuk selama 1 Tahun 6 bulan di penjara.

Dikutip dari pelbagai sumber, Jack Boyd Lapian saat ini mengabadi di organisasi Cyber Indonesia. Di sana ia menjabat sebagai Sekretaris Jendral Cyber Indonesia. Organisasi tersebut sudah didaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Selain itu, Jack Boyd Lapian merupakan Pendiri BTP Network sebagai dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Kemudian pada 2012, ia adalah relawan dari Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Jack Boyd Lapian menjadi bagian dari anggota Jokowi Ahok Social Media Volunteer (Jasmev).

Sementara itu, pada 2014, Jack Boyd Lapian menjadi relawan di bidang media sosial untuk pemenangan Jokowi–Jusuf Kalla.

Selain aktif dipelbagai oganisasi Jack Lapian memang dikenal suka melaporkan orang-orang yang dianggapnya melanggar hukum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporan Lainnya

Selain Ahmad Dhani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah dua kali dilaporkannya ke polisi. Pertama terkait pidatonya soal ‘pribumi’ pada 2017 silam. Kemudian, pada 2018, laporannya berkenaan denyan kebijakan penutupan Jalan Jatibaru Tanah Abang, Jakarta.

Setahun kemudian, Jack Boyd Lapian kembali mendatangi polisi dengan melaporkan Rocky Gerung terkait pernyatannya ‘kitab suci dalah fiksi’. Namun ketiga kasus itu sampai saat ini berujung.

Sementara itu, pada November 2019, Jack Boyd Lapian malah harus berhadapan dengan hukum setelah dipolisikan pendiri Kaskus, Andrew Darwis atas tuduhan pencemaran nama baik.

Tak hanya Jack, kasus itu turut menyeret Titi Sumawijaya. Namun, dewi fortuna masih berpihak. Pengadilan menjatuhkan vonis bebas terhadap Jack Boyd Lapian dan Titi Sumawijaya.

Kini Jack telah tiada, Jack Boyd Lapian atau Jack Lapian, relawan Jokowi meninggal dunia pada Rabu 16 Februari 2022. Sang putra, Jonathan Edward Lapian yang menyiarkan kabar duka ke publik.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Jack Boyd Lapian hari Rabu 16 Februari 2022 pukul 21.00 WIB. Terimakasih untuk dukungan dan doanya para rekan2 dan senior🙏

-Jonathan Edward Lapian," tulis Jonathan melalui unggahan di Twitter milik sang ayah @lapianjack, Rabu 16 Februari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.