Sukses

Komplotan Begal Jual Motor Anggota Brimob, Uangnya untuk Foya-Foya

Lima begal yang beraksi melukai Anggota Brimob Polri Aipda Edi Santoso masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Metro Bekasi Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Lima begal yang beraksi melukai Anggota Brimob Polri Aipda Edi Santoso masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Metro Bekasi Kota.

MH alias H (17), RMI alias I (20), AM alias U (17), MAL alias A (18), dan RH alias R (17) membegal Anggota Brimob Polri Aipda Edi Santoso di Jalan Raya Kranggan, Jatiraden, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa 15 Februari 2022 sekira pukul 02.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, kawanan begal tersebut beraksi sudah lima kali. Biasanya, mereka memetakan dahulu lokasi yang dianggap sepi dari pengguna jalan. Ada tiga orang tersangka ditugaskan mengamati situasi dengan berboncengan sepeda motor.

"Di depan bawa motor dan tengah juga belakang bawa celurit," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Rabu (16/2/2022).

Zulpan menambahkan, mereka akan menghampiri mangsanya dengan mempepet sepeda motornya. Mereka juga tak segan melukai korbannya.

"Dilakukan pembacokan dengan senjata yang sudah disediakan," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Foya-Foya

Berdasarkan pengakuan kepada penyidik, para pelaku sudah melakukan aksi sejak 2021 sampai 2022. Ada sekira lima lokasi yang mereka akui.

"Ini pengakuannya lima kali, kami gali lagi siapa tahu lebih. Modus sama memepet membacok dan mengambil motor korban," ujar dia.

Sementara itu, Zulpan menjelaskan ada tersangka yang khusus bertugas menjual hasil curian tersebut. Adapun, satu unit dibanderol dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

"Tersangka RH (17) yang akan menjual motor tersebut secara online," ujar dia.

Zulpan menyebut, uang hasil penjualan digunakan untuk foya-foya. "Uangnya untuk kepentingan mereka nongkrong, beli alkohol, dan foya-foya," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Detik-Detik Anggota Brimob Jadi Korban Begal di Bekasi

Anggota Brimob Polri Aipda Edi Santoso menjadi sasaran kawanan begal. Selain merampas sepeda motor, korban turut dibacok hingga mengalami luka parah.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Raya Kranggan, Jatiraden, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa 15 Februari 2022 sekira pukul 02.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, korban saat itu hendak pulang ke rumah di kawasan Pondok Gede, Bekasi. Di perjalanan, kawanan begal dengan mengendarai sepeda motor membuntuti korban.

"Korban dipepet oleh sepeda motor yang dikemudikan tersangka dan dua lainnya, jadi 3 orang di satu motor itu," kata dia di Polda Metro Jaya, Rabu (16/2/2022).

Zulpan mengatakan, salah satu pelaku menyabetkan celurit hingga mengakibatkan anggota Brimob itu terluka. Kawanan begal lantas membawa kabur sepeda motor milik korban.

Zulpan menerangkan, lima pelaku telah ditangkap saat asyik nongkrong di daerah Jatisampurna. Mereka MH alias H (17), RMI alias I (20), AM alias U (17), MAL alias A (18), dan RH alias R (17)

"Kami tangkap 5 tersangka pada Rabu dini hari," ujar dia.

Atas perbuatannya, kelima pelaku dipersangkakan dengan Pasal 365 KUHP ayat 2 dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.