Sukses

5 Fakta Kondisi Dorce Gamalama hingga Akhirnya Meninggal Dunia

Dorce Gamalama meninggal dunia pada hari ini Rabu (16/2/2022) di RSPP Simprug.

Liputan6.com, Jakarta - Dorce Gamalama meninggal dunia pada hari ini Rabu (16/2/2022) di RSPP Simprug. Kabar tersebut diketahui dari penyanyi senior Rita Dinah Kandi melalui unggahan di Facebook.

"INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN Semoga almarhum Dorce Gamalama, diberi tempat terbaik disi Nya. Semoga almarhum di maafkan segala dosanya dan di hisab segala amalan nya. Semoga Husnul Khotimah Allahuma firlaha warhamha wa’afihi wa’fuanha...," tulis Rita, Rabu (16/2/2022).

Selain itu, kabar duka berpulangnya Dorce juga disampaikan oleh Hetty Sunjaya selaku sahabat. Terungkap menurut Bunda Hetty, Covid-19 menjadi penyebab meninggalnya Dorce Gamalama.

"Waalaikumsalam, benar, iya jam setengah 8 pagi meninggal. Beliau kena Covid-19 hampir 3 minggu di RS," ucap Hetty.

Saat terkena Covid-19, lanjut Heety, kondisi Dorce langsung drop dan tidak sadarkan diri hingga akhirnya meninggal dunia di RSPP Simprug.

Berikut sederet fakta mengenai kondisi Dorce Gamalama hingga akhirnya meninggal dunia dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sempat Diabetes dan Alzheimer

Sebelum meninggal dunia, Dorce Gamalama didiagnosa mengidap diabetes dan juga demensia alzheimer. Karena penyakitnya itu, Dorce harus keluar masuk rumah sakit lantaran sempat tak sadarkan diri.

Dorce juga diketahui memiliki penyakit batu ginjal. Artis berusia 58 juga bahkan harus menggunakan kursi roda untuk berkegiatan sehari-hari.

 

3 dari 6 halaman

2. Kaki Sempat Bengkak

Artis yang terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi rutin menjalani terapi, karena mengalami pembengkakan di kakinya sehingga menyulitkan dirinya untuk berjalan. Kondisinya dikabarkan lebih baik daripada sebelumnya.

"Dia (Dorce) sudah bisa jalan pelan-pelan, tadinya sama sekali enggak bisa jalan dan sama sekali tidak bisa angkat badan kan," ujar Hetty Sunjaya, sahabat Dorce melalui sambungan telepon, Senin 31 Januari 2022 lalu.

 

4 dari 6 halaman

3. Terinfeksi Covid-19, Dirawat Tiga Minggu di RS

Kabar Dorce Gamalama meninggal dunia disampaikan oleh Hetty Sunjaya selaku sahabat mendiang Dorce Gamalama. Menurut Bunda Hetty, Covid-19 menjadi penyebab meninggalnya Dorce Gamalama.

"Benar iya jam setengah 8 pagi meninggal. Beliau kena Covid hampir 3 minggu di RS," ujar Hetty.

 

5 dari 6 halaman

4. Kondisi Drop dan Tak Sadar saat Kena Covid-19

Menurut Hetty Sunjaya, kesehatan Dorce Gamalama langsung menurun sejak dinyatakan terinfeksi Covid-19. Sebelumnya, kondisinya memang kurang sehat.

Dia diberitakan menderita diabetes dan sempat mengalami demensia alzheimer.

"Dia langsung drop dan enggak sadarkan diri sampai meninggalnya di RSPP Simprug," terang dia.

Lantaran meninggal dalam keadaan positif Covid-19, maka jenazah Dorce Gamalama tak bisa dilihat seperti seharusnya.

"Langsung diurus RS. Gak diziinin sekarang. Karena RS Covid enggak bisa diliat," tutup Hetty.

 

6 dari 6 halaman

5. Kabar Duka Diketahui Pertama dari Facebook dan Anak Angkat

Kabar wafatnya Dorce Gamalama pada awalnya diketahui melalui pesan yang beredar di kalangan pewarta. Selain itu juga dari penyanyi senior Rita Dinah Kandi melalui unggahan di Facebook.

"INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN Semoga almarhum Dorce Gamalama, diberi tempat terbaik disi Nya. Semoga almarhum di maafkan segala dosanya dan di hisab segala amalan nya. Semoga Husnul Khotimah Allahuma firlaha warhamha wa’afihi wa’fuanha...," tulisnya.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan di anugerahi kekuatan Iman, diberi ketabahan, keikhlasan dan kesabaran.Semoga Allah SWT melimpahkan atas almarhum maghfirah, rahmah, dan Jannah Nya.Aamiin YRA. Al Fatihah♥️♥️♥️Selamat jalan sahabatku sayang😭😭😭," tutup Rita Dinah Kandi, Rabu (16/2/2022).

Kabar duka itu juga disampaikan oleh Siti Fatimah Tuzzahrah, yang tak lain adalah anak angkat Dorce Gamalama. Ia menyampaikan kabar duka tersebut melalui unggahan di Instagram Story-nya.

"Innalillahi wainailaihi rojiun. Telah meninggal dunia mama kami tercinta Ibu Dorce Gamalama. Alfattiha, minta doanya untuk mama," tulis Siti Fatimah Tuzzahrah.

Dalam unggahan lain, Siti Fatimah juga menginfokan bahwa saat ini jenazah Dorce Gamalama masih disemayamkan di salah satu rumah sakit di Jakarta.

"Mama kami disemayamkan di RSPP Simprug," tulis Siti Fatimah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.