Sukses

Perempuan yang Viral karena Buang Sampah ke Laut Akhirnya Minta Maaf

Sosok perempuan itu terekam kamera oleh masyarakat di sekitar Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten pada Sabtu 12 Februari 2022, tengah membuang sampah di laut.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat viral, seorang perempuan yang sengaja membuang sampah ke laut di kawasan Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, akhirnya meminta maaf.

Sosok perempuan yang saat kejadian belum diketahui namanya itu, terekam kamera oleh masyarakat di sekitar Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten pada Sabtu 12 Februari 2022, tengah buang sampah di laut.

Hal itu pun lantas menjadi perhatian publik. Sebab, hal itu mencerminkan kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan laut. Apalagi, banyak biota laut yang menjadi korban akibat perbuatan tersebut.

Namun, beberapa hari kemudian, perempuan tersebut meminta maaf dan menuliskan surat pernyataan tidak akan mengulangi perilaku yang sama.

"Dari pihak desa maupun kecamatan sudah melakukan mediasi dengan orang yang bersangkutan. Melalui surat pernyataan, yang bersangkutan pun juga sudah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi," Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Samsul Romli, Selasa (15/2/2022).

Samsul juga mengatakan, sebelum mediasi, aksi tersebut juga sudah dikonfirmasi terlebih dahulu kebenarannya. Yang bersangkutan pun mengakui perbuatannya tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi ke Masyarakat

Menurutnya, masyarakat juga menjadi faktor penting dalam terciptanya lingkungan sehat dan bersih. Pihaknya akan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kebersihan.

"Ke depannya kami akan lebih sering mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di laut, karena kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan menjadi faktor terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih," tuturnya.

Sehubungan dengan itu, pihak desa pun nantinya juga akan menyiapkan gerobak motor untuk memudahkan pengangkutan sampah di Desa Tanjung Pasir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.