Sukses

Tiket Formula E Dijual Meski Sirkuit Belum Jadi, Taufik Gerindra: Sudah Ada Perhitungannya

Dia menganalogikan penjualan tiket Formula E seperti marketing unit apartment. Dalam pelaksanaannya, penjualan tidak mesti menunggu seluruh unit selesai dibangun.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik optimistis pembangunan lintasan untuk Formula E selesai tepat waktu. Sehingga tak ada masalah jika PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mulai menjual tiket pada Maret.

"Dia kan sudah ada perhitungannya sirkuit itu landasannya sebulan paling lama dua bulan sudah jadi. Apa susahnya? Kenapa kita yang mempersoalkan penjualan tiket?" kata Taufik saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (15/2/2022).

Dia menganalogikan penjualan tiket Formula E seperti marketing unit apartment. Dalam pelaksanaannya, penjualan tidak mesti menunggu seluruh unit selesai dibangun. Begitu pula dengan Formula E.

Lagi pula menurut Taufik, pengerjaan lintasan Formula E tidak dikerjakan oleh sembarang pihak. Menurutnya, Pemprov DKI menaruh perhatian penuh agar pelaksanaan acara balap mobil listrik itu dapat berjalan sukses tanpa ada kendala.

Politikus Gerindra itu bahkan menyindir, pihak pihak pesimistis atas pelaksanaan Formula E lantaran proyek acara ini diampu oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Pekerjaan itu ada ukuran waktunya. Yang tidak yakin itu karena yang tidak mau itu sukses, karena kalau itu sukses kan dianggap legacynya Anies, padahal bukan juga, biasa saja," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijual Maret

Diketahui, tiket untuk menonton Formula E ditargetkan akan mulai dijual pada Maret. Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto mengatakan, saat ini nilai penjulan tiket sedang menunggu persetujuan pihak Formula E.

"Sudah ada (harga tiket) menunggu persetujuan FEO, (ditargetkan penjualan tiket) Maret," kata Widi saat dikonfirmasi, Senin (14/2).

Namun Widi enggan menyinggung lebih jauh saat ditanya kisaran harga tiket menonton ajang balap mobil balap listrik yang direncanakan digelar di Taman Impian Jaya Ancol, Juni mendatang.

Penjualan tiket seiring dimulainya pembangunan lintasan untuk Formula E mulai dikerjakan.

Berdasarkan rencana, pembangunan lintasan Formula E dimulai pada awal Februari. Namun rencana mengalami kendala karena proses tender gagal.

PT Jakpro kemudian melakukan tender ulang, dan pemenang dari tender ulang yaitu PT Jakarta Konstruksi Manggala Pratama Tbk.

Widi sebelumnya sempat mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana untuk Formula E tidak hanya soal aspal. Widi mengatakan, setidaknya hingga April seluruh infrastruktur telah rampung.

Sebab, jika tidak ada kendala, pada Mei lintasan akan diujicoba dan dihadiri langsung oleh Formula E Operation (FEO). Dan selama proses tersebut, pihak FEO juga akan memberikan homoglasi.

"Selama masa konstruksi mereka (FEO) juga akan mengawasi secara langsung sampai dengan selesai," ujarnya.

Homoglasi adalah proses agar sirkuit dapat lisensi untuk menggelar balapan. Penilaian yang dijalankan dalam proses homologasi antara lain kualitas aspal, area run-off, pagar pembatas, pit building, hingga fasilitas kesehatan.

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.