Sukses

Komnas HAM Desak Ganjar Pranowo Selesaikan Konflik Wadas Sesuai Kebutuhan Warga

Dalam pertemuan tersebut, Beka meminta kepada Pemprov Jateng mengevaluasi pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan di Desa Wadas.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi Semarang, Jawa Tengah. Kedatangan Komnas HAM untuk mendengar penjelasan langsung dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait situasi terkini konflik di Desa Wadas, Purworejo.

"Komnas HAM menerima penjelasan perkembangan terkini situasi di Desa Wadas dan rencana penyelesaian dari Pemprov Jateng dalam pertemuan di Puri Gedeh, Semarang pada Jumat, 11 Februari 2022," ujar Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara dalam keterangannya, Sabtu (12/2/2022).

Dalam pertemuan tersebut, selain Beka Ulang dan Ganjar, hadir juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Imam Aziz.

Dalam pertemuan tersebut, Beka meminta kepada Pemprov Jateng mengevaluasi pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan di Desa Wadas. Beka meminta tidak lagi menggunakan pendekatan keamanan.

"Namun mengedepankan pendekatan yang humanis dan persuasif serta berbasis sikap dan kebutuhan warga," kata Beka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hormati Prinsip HAM

Beka juga mendesak Ganjar selaku orang nomor satu di Pemprov Jateng untuk menyiapkan konsep penyelesaian konflik sesuai dengan apa yang dibutuhkan warga Desa Wadas.

"Komnas HAM juga meminta kepada Gubernur Jawa Tengah untuk menyiapkan konsep penyelesaian yang berbasis pada kebutuhan warga, serta menghormati prinsip-prinsip hak asasi manusia," kata Beka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.