Sukses

Covid-19 Melonjak, Satgas Pastikan Ketersediaan Oksigen Masih Mencukupi

Sampai saat ini, ketersediaan oksigen dalam bentuk oksigen konsentrator dan oksigen generator masih mencukupi atau dapat memenuhi pelayanan lebih dari 12 sampai dengan 48 jam.

Liputan6.com, Jakarta Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus meningkat. Peningkatan paling tinggi terjadi di tujuh provinsi di Jawa dan Bali. Di tengah lonjakan kasus Covid-19, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memastikan ketersediaan oksigen mencukupi. Baik oksigen konsentrator maupun oksigen generator.  

"Sampai saat ini, ketersediaan oksigen dalam bentuk oksigen konsentrator dan oksigen generator masih mencukupi atau dapat memenuhi pelayanan lebih dari 12 sampai dengan 48 jam," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/2/2022).

Dia mengambil contoh DKI Jakarta. Data 6 Februari 2022, terdapat 1.541 oksigen konsentrator dan 2 oksigen generator di DKI Jakarta.

Sementara di Banten ada 389 oksigen konsentrator dan 4 oksigen generator. Kemudian di Jawa Barat terdapat 1.545 oksigen konsentrator dan 18 oksigen generator.

"Kecukupan yang sama juga telah dipastikan pada daerah lainnya, terutama di daerah dengan kenaikan kasus yang tergolong tinggi," ujarnya.

Wiku menambahkan, ke depan pemerintah pusat akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pendataan secara real time dalam memenuhi kebutuhan setiap fasilitas kesehatan secara efektif. 

Sebelumnya, Wiku mengatakan tujuh provinsi di Pulau Jawa dan Bali konsisten mendominasi kasus Covid-19 nasional dalam tiga pekan terakhir. Tujuh provinsi tersebut ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, dan DI Yogyakarta.

Dia menjelaskan, DKI Jakarta menyumbangkan 42 persen kasus Covid-19 nasional. Sementara dalam enam pekan terakhir, DKI Jakarta mengalami kenaikan kasus sebesar 138 kali lipat.

Kemudian Jawa Barat menyumbangkan 23,5 persen kasus Covid-19 nasional dengan kenaikan yang lebih cepat yaitu 336 kali lipat dalam enam minggu berturut-turut.

"Banten yang menyumbangkan 14,31 persen kasus nasional. Banten merupakan provinsi dengan kenaikan kasus tercepat yaitu 620 kali lipat dalam enam minggu terakhir," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenaikan Kasus Tertinggi

Berikutnya, Jawa Timur mengontribusi 5 persen kasus Covid-19 nasional dengan kenaikan 83 kali lipat dalam enam minggu. Bali menyumbangkan 5 persen kasus nasional, kenaikan dalam enam minggu terakhir sebesar 392 kali lipat. Selanjutnya Jawa Tengah meyumbang 3 persen kasus Covid-19 nasional. Terjadi kenaikan kasus 67 kali lipat dalam enam minggu di Jawa Tengah.

"Terakhir DI Yogyakarta sebagai penyumbang 1 persen kasus nasional dengan kenaikan 51 kali lipat dalam enam minggu," jelasnya.

Menurut Wiku, kenaikan kasus Covid-19 yang sangat signifikan seperti di Banten, Bali, dan Jawa Barat menunjukkan pentingnya melakukan pembatasan aktivitas masyarakat dalam PPKM level 3. Dia menekankan, upaya memperlambat naiknya kasus Covid-19 saja tidak cukup.

"Meskipun berat, pemerintah daerah harus mengusahakan agar tidak ada lagi penambahan kasus dalam dua minggu ke depan atau kenaikan kasusnya nol. Dalam hal ini, kunci utama keberhasilan adalah meniadakan penambahan kasus adalah penerapan disiplin prokes dengan maksimal," kata dia. 

 

Reporter: Titin Supriatin 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Oksigen adalah gas yang tidak berwarna dan berasa.

    oksigen