Sukses

Jokowi Teken MoU soal Alutsista dengan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis

Jokowi menjelaskan, kerja sama terjalin antara kedua negara sementara ini ada dalam bidang MRO (maintenance, repair, overhaul), pengembangan kapal selam, pengadaan satelit, hingga produksi amunisi kaliber besar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyambut baik penandatanganan beberapa nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama pertahanan bidang alat utama sistem senjata (alutsista) antara Indonesia dan Prancis.

Hal itu dilakukan Jokowi saat menerima kunjungan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis, Florence Parly di Istana Merdeka Jakarta.

"Saya harap kerja sama pertahanan tidak hanya terfokus pada pembelian alutsista, tapi juga memikirkan pengembangan dan produksi bersama, alih teknologi, serta investasi di bidang industri pertahanan," kata Jokowi seperti dikutip dari laman Youtube Channel Sekretariat Presiden, Kamis (10/2/2022).

Jokowi menjelaskan, kerja sama terjalin antara kedua negara sementara ini ada dalam bidang MRO (maintenance, repair, overhaul), pengembangan kapal selam, pengadaan satelit, hingga produksi amunisi kaliber besar.

Melalui kerja sama ini, ke depan, negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dengan Uni Eropa dapat mengalami kemajuan di bawah presidensi Prancis di Uni Eropa.

Selain soal kerja sama pertahanan, tidak lupa kepala negara juga menyampaikan permohonan dukungan dari Prancis terhadap presidensi G20 Indonesia. Terutama mengenai kerja sama konkret yang dapat dihasilkan dari kerja G20.

Menurut Jokowi, dirinya dan Presiden Prancis Emmanuel Macron telah membahas mengenai kerja sama Indo-Pasifik. Keduanya bersepakat untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera. Untuk itu, penguatan kerja sama ekonomi diperlukan

"Mekanisme dialog 2+2 kita akan menjadi forum yang strategis untuk wujudkan visi Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera," ungkap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Dukungan Prancis

Sebelum mengakhiri pertemuan, Jokowi juga meminta dukungan Prancis agar olahraga pencak silat dapat masuk dalam pertandingan eksibisi pada Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

"Terima kasih sekali lagi untuk tim Ibu Menteri atas peran dan kerja kerasnya memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Prancis. Mohon sampaikan salam hangat saya kepada Presiden Macron," Jokowi menutup.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sementara itu, Menteri Angkatan Bersenjata Prancis didampingi oleh Duta Besar Republik Prancis untuk Republik Indonesia, Olivier Chambard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Alutsista TNI adalah singkatan dari Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia.

    Alutsista TNI