Sukses

4 Penjelasan Menkes Budi soal Naiknya Kasus Covid-19 Varian Omicron di Bekasi

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat bicara mengenai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang terjadi di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat bicara mengenai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang terjadi di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Menkes Budi menjelaskan, kasus Covid-19 varian Omicron saat ini sedang melonjak di Provinsi DKI Jakarta dan Bali. Kondisi tersebut dikatakan juga sedang terjadi di wilayah Bekasi.

"Bekasi naiknya juga tinggi, hampir menyusul puncak di bulan Juli, itu sebabnya kami datang karena mesti hati-hati," katanya di Bekasi, Selasa 8 Februari 2022.

Meski kasus Covid-19 varian Omicron di Kota Bekasi mengalami kenaikan, Menkes Budi meminta masyarakat agar tidak panik. Mengingat pula, penambahan kasus ini masih akan terus terjadi.

Dirinya lantas mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, untuk mengantisipasi penularan virus.

Berikut sederet penjelasan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengenai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang terjadi di Kota Bekasi dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jumlah Kasus Hampir Sama dengan Saat Varian Delta Juli 2021 Lalu

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyambangi sentra vaksinasi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Kunjungan tersebut terkait peningkatan kasus Covid-19 di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Budi, kasus Covid-19 varian Omicron saat ini sedang melonjak di Provinsi DKI Jakarta dan Bali. Kondisi ini dikatakan juga sedang terjadi di wilayah Bekasi.

"Bekasi naiknya juga tinggi, hampir menyusul puncak di bulan Juli, itu sebabnya kami datang karena mesti hati-hati," katanya di Bekasi, Selasa 8 Februari 2022.

 

3 dari 6 halaman

2. Sebut Omicron Miliki Gejala Lebih Ringan

Meski demikian, Budi mengaku gejala yang disebabkan Omicron lebih ringan dibandingkan varian Delta yang menyebabkan gelombang kedua Covid-19 pada pertengahan 2021 lalu.

Selain itu, menurut dia, tingkat kematian akibat Omicron juga cukup rendah.

"Hal baiknya adalah Omicron ini yang dirawat dan yang wafat lebih rendah, jauh lebih rendah dibandingkan Delta," papar Menkes Budi.

 

4 dari 6 halaman

3. Minta Semua Tetap Disiplin Prokes

Oleh karena itu, Budi meminta masyarakat agar tidak panik dengan kasus Omicron yang kemungkinan masih terus meningkat, mengingat penularannya yang sangat cepat.

Budi juga mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, untuk mengantisipasi penularan virus.

"Disiplin prokes itu penting. Tolong disebarkan ke masyarakat, bahwa jangan kendor untuk memakai masker," imbuh dia.

 

5 dari 6 halaman

4. Vaksinasi Covid-19 Terus Digenjot

Selain itu, Budi juga meminta agar vaksinasi di Kota Bekasi lebih digenjot lagi untuk memaksimalkan penanganan Covid-19, terutama bagi kaum lansia yang rentan terpapar.

"Kemudian, vaksinasi mesti dipercepat. Masyarakat, tolong jangan ragu segera divaksin," tegas Menkes Budi.

6 dari 6 halaman

Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.