Sukses

6 Ucapan dan Pesan dari Para Menteri hingga Jokowi di Hari Pers Nasional 2022

Hari Pers Nasional 2022 diperingati hari ini Rabu (9/2/2022). Sederet ucapan dan harapan pun diuntai dari para menteri hingga Presiden Joko Widodo aau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Sederet ucapan dan harapan pun diuntai dari sejumlah pejabat di Hari Pers Nasional 2022. Mulai dari para menteri hingga Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikannya tepat pada Hari Pers Nasional, yang diperingati hari ini, Rabu (9/2/2022). 

Salah satunya, seperi disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Dalam sambutannya, Menkeu Sri Mulyani mengatakan jika pers memiliki peran strategis dalam membangun bangsa.

"Kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh insan pers tidak sekedar menulis berita, tapi lebih dari itu mereka juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga masyarakat dengan menyajikan berita sesuai fakta," tulis Menkeu Sri Mulyani di laman Instagram-nya, Rabu (9/2/2022).

Senada, Presiden Jokowi menyebut kebebasan pers merupakan pilar penting kemajuan Indonesia. Dia mengingatkan, kebebasan pers dan perlindungan terhadap profesi wartawan dijamin dalam undang-undang (UU).

"Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar dunia, kebebasan pers adalah pilar penting kemajuan Indonesia. Kebebasan pers dan perlindungan terhadap profesi wartawan dijamin dalam undang-undang," ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Berikut sederet ucapan, harapan, dan pesan dari para menteri hingga Presiden Joko Widodo aau Jokowi saat peringatan Hari Pers Nasional 2022 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menteri Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan Hari Pers Nasional 2022. Dengan mengatakan jika pers memiliki peran strategis dalam membangun bangsa.

"Kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh insan pers tidak sekedar menulis berita, tapi lebih dari itu mereka juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga masyarakat dengan menyajikan berita sesuai fakta," tulis Menkeu Sri Mulyani di laman Instagram-nya, Rabu (9/2/2022).

Ia pun menyerukan pentingnya pandangan kritis pers dalam memacu optimisme masyarakat di tengah kondisi pandemi.

"Di tengah kondisi Indonesia dan dunia yang masih dilanda pandemi, pandangan kritis pers Indonesia dapat menjadi penyambung informasi tepercaya mengenai kinerja pemerintah sehingga dapat memacu optimisme masyarakat," ujar Menkeu.

Dalam unggahannya di Instagram, Menkeu Sri Mulyani pun menyampaikan apreasi kepada pers di Tanah Air.

"Terima kasih dan apresiasi untuk para insan pers Indonesia yang turut menciptakan kedaulatan nasional melalui informasi yang kredibel dan tepercaya," tutup dia.

 

3 dari 7 halaman

2. Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendorong agar pers juga beradaptasi dengan teknologi digital.

Menurut Johnny, di era digital, kemajuan teknologi seperti big data, artificial intelligence, dan metaverse dapat memperkaya kebutuhan data serta analisis untuk produksi dan distribusi konten industri media. Dirinya mendorong agar pers juga beradaptasi dengan teknologi digital.

Menurut Johnny, di era digital, kemajuan teknologi seperti big data, artificial intelligence, dan metaverse dapat memperkaya kebutuhan data serta analisis untuk produksi dan distribusi konten industri media.

Hal itu seperti diungkapkan Johnny dalam Konvensi Nasional Hari Pers Nasional 2022: Membangun Model Media Massa yang Berkelanjutan, yang berlangsung secara hibrida dari Phinisi Room Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Orientasi industri media yang baik akan tercermin dari jurnalisme yang berkualitas berbasiskan data, analisis dan pendekatan teoritis yang memadai," Johnny pada Selasa kemarin, dikutip dari siaran pers, Rabu (9/2/2022).

Menkominfo mengatakan, dunia terus didorong untuk melakukan transformasi digital di tengah berbagai keterbatasan yang timbul akibat pandemi. Hal ini juga penting dilakukan insan pers demi menemukan model bisnis baru media.

"Perubahan besar yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi digital menjadi orientasi, sekaligus solusi yang dapat menembus keterbatasan, memperluas perspektif dan jangkauan," kata Johnny.

"Sekaligus mempercepat proses di berbagai lini kehidupan, tentunya termasuk di industri media," imbuhnya yang hadir secara virtual.

Johnny mengutip laporan The New York Times, di mana disebutkan hampir sepertiga konten yang diterbitkan jurnalis Bloomberg News dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan atau robot reporter.

Hasil kerja itu memudahkan jurnalis berfokus pada konten yang berdasarkan riset serta data humanisme yang kuat.

Selain itu, The Huffington Post juga memanfaatkan big data sejak 2014 untuk mengoptimalisasi konten, mengautentikasi komentar, memastikan efektivitas iklan, dan mengatur penempatannya hingga membuat personalisasi pasif.

Johnny mengatakan, dengan begitu, artikel tersebut akan lebih optimal dibaca lebih banyak khalayak dalam waktu yang relatif singkat.

"Ini studi dari Reuters Institute. Salah satu praktik sederhananya, big data digunakan untuk menentukan timing yang paling tepat, untuk menerbitkan satu artikel maupun platform apa yang paling sesuai untuk digunakan dalam menyebarkan artikel tersebut," ujarnya.

Menkominfo melanjutkan, perkembangan metaverse juga memungkinkan kemunculan model bisnis baru industri media.

Ia mengatakan di 2003, terdapat platform Second Life, yakni komunitas virtual online yang memungkinkan pengguna membuat avatar dan berinteraksi di dunia virtual.

Dalam sana, menurut Johnny, hadir The Second Life Environment, surat kabar daring yang memungkinkan pemilik dan pembuat bisnis virtual mengiklankan layanan atau produk mereka kepada konsumen di platform Second Life.

"Hal ini dilakukan melalui pembelian tempat iklan yang dapat diubah menjadi artikel dan siaran pers," kata Johnny.

Menurutnya, di sana pendapatan akan diperoleh melalui pembayaran yang dilakukan via papan iklan yang terdapat di sport virtual perusahaan dengan mata uang yang berlaku pada platform tersebut.

 

4 dari 7 halaman

3. Menko Polhukam

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menegaskan komitmen kuat Pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi media massa yang memproduksi konten berita.

Mencermati perkembangan teknologi platform digital, menurutnya Pemerintah berupaya menjaga kebebasan pers yang bertanggungjawab sekaligus memperkuat peran dan kedudukan pers dalam menjalankan bisnis media.

"Selama hampir dua dekade dunia pers dihadapkan kepada dinamika baru akibat perkembangan teknologi infomasi yang melanda dunia. Platform digital, situs web dan aplikasi berhasil menyerbu wilayah tradisional berbagai sektor ‘ekonomi lama’, termasuk media massa," paparnya.

Perkembangan itu, menurutnya, telah menimbulkan hubungan yang tidak berimbang antara penerbit berita dan platform digital. Kondisi itu tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai belahan dunia lain.

"Di satu pihak, penerbit berita menyediakan informasi yang berkualitas dengan kepedulian terhadap kualitas jurnalisme dan demokratisasi arus informasi. Sementara, pemilik platform digital berorientasi untuk memperoleh keuntungan ekonomi sebesar-besarnya," tutur Menko Polhukam Mahfud MD.

Menko Mahfud MD pun menyatakan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan kementerian terkait untuk merumuskan dan menyusun regulasi yang mengatur hubungan antara penerbit dan platform digital.

"Saat ini, pemerintah tengah melakukan kajian akademis atas usulan regulasi yang disampaikan Dewan Pers tentang jurnalisme berkualitas dan tanggung jawab perusahaan platform digital," jelas Mahfud.

 

5 dari 7 halaman

4. Mendikbudristek

Nadiem Makarim menyampaikan ucapan selamat atas peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022. Puncak peringatan HPN tahun ini diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Selamat merayakan Hari Pers Nasional tahun 2022. Semoga pers Indonesia semakin adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman," kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Rabu (9/2/2022).

Nadiem mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik yang dinilainya mendukung upaya mencerdaskan bangsa. Menurutnya, media massa berperan penting dalam membangun pola pikir dan sikap masyarakat.

"Kepada seluruh insan pers Indonesia, terima kasih. Terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui informasi-informasi yang tepercaya dan berkualitas," ucapnya.

Nadiem menyebut, media massa salah satu institusi strategis dalam pembangunan karakter bangsa selain sekolah atau lembaga pendidikan. Media massa menjadi salah satu sumber belajar penting yang memperkaya ekosistem pendidikan nasional, khususnya di era informasi saat ini.

"Produk-produk jurnalistik menjadi salah satu materi belajar yang memperkaya pengalaman belajar peserta didik maupun para pendidik," sebutnya.

Produk-produk jurnalistik sejalan dengan program dan kebijakan Kemendikbud Ristek yang bermuara pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia; berpikir kritis; kreatif; mandiri; bergotong royong; dan berkebinekaan global.

Nadiem berharap agar media massa dapat menjaga nilai-nilai utama jurnalistiknya, sembari terus berinovasi agar tidak tergerus oleh perubahan zaman.

"Tidak mudah, saya yakin insan pers nasional kita mampu menghadirkan terobosan-terobosan positif yang dicatat sejarah," ungkapnya.

Nadiem berharap, kolaborasi insan pers dengan insan pendidikan nasional semakin diperkuat untuk mengakselerasi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia.

"Saya mengajak insan pers nasional untuk bersama-sama mewujudkan Merdeka Belajar," tandas Nadiem.

 

6 dari 7 halaman

5. Menteri Agama

Tak ketinggalan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Ucapan itu diunggah Yaqut melalui akun sosial media (sosmed) Twitter miliknya @YaqutCQoumas, Rabu (9/2/2022).

"Pers harus menjadi "Voice of the voiceless" Titik tengah informasi bagi Indonesia, komprehensif, valid dan mencerahkan.

Selamat hari Pers Nasional 9 Februari 2022," jelas Yaqut.

 

7 dari 7 halaman

6. Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut kebebasan pers merupakan pilar penting kemajuan Indonesia. Dia mengingatkan bahwa kebebasan pers dan perlindungan terhadap profesi wartawan dijamin dalam undang-undang (UU).

"Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar dunia, kebebasan pers adalah pilar penting kemajuan Indonesia. Kebebasan pers dan perlindungan terhadap profesi wartawan dijamin dalam undang-undang," ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (9/2/2022).

Menurut dia, pemerintah membutuhkan kritik serta masukan dari insan pers dalam menjalankan kebijakan. Hal ini, kata Jokowi, agar pemeritah pusat dan daerah dapat bekerja satu frekuensi untuk kemajuan Indonesia.

"Kritik, masukan, dan dukungan dari insan pers sangat sangat penting. Mengingatkan jika ada yang kurang, yang perlu diperbaiki, mendorong yang masih lamban, dan juga mengapresiasi yang sudah berjalan baik," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Agar seluruh jajaran pemerintah dari pusat sampai ke daerah dan desa bekerja dalam frekuensi yang sama, visi yang sama untuk negara kita untuk Indonesia maju," sambung Jokowi.

Dia menyampaikan bahwa saat ini pemerintah tengah bekerja keras untuk mengawal beberapa transformasi besar agar Indonesia semakin kompetitif menghadapi era hiperkompetisi. Salah satunya, melakukan investasi besar-besaran dalam pembangunan sumber daya manusia.

Mulai dari, perbaikan layanan kesehatan, penurunan angka stunting, hingga reformasi pendidikan yang tersambung dengan kebutuhan dunia industri. Kemudian, juga revitalisasi pelatihan vokasional yang memberikan upskilling dan reskilling bagi tenaga kerja kita agar lebih produktif dan kompetitif.

Pemerintah juga melalukan hilirisasi di industri tambang dan sektor pertanian. Selain itu, pemerintah berkomitmen untuk melakukan transisi energi dan transformasi digital.

Untuk itu, pemerintah terbuka menerima masukan dari awak media agar transformasi ini dapat tereksekusi. Sehingga, dapat membawa perubahan dan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Indonesia.

"Pemerintah selalu terbuka menerima masukan masukan dari insan pers agar langkah-langkah besar ini betul-betul bisa tereksekusi dan dijalankan di lapangan," tutup Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.