Sukses

Polisi Jelaskan Keberadaan Warga Desa Wadas yang Diduga Hilang Saat Kericuhan

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy, mengatakan warga Desa Wadas itu tidak hilang, melainkan tengah berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Jateng menepis adanya orang hilang saat dilakukan pengukuran di Desa Wadas, Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Selasa (8/2/2022), yang berujung terjadinya insiden kericuhan.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy, mengatakan warga itu tidak hilang, melainkan tengah berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan.

"Terkait isu beredar di media sosial terdapat orang belum diketahui keberadaanya sejak pukul 07.00 WIB hingga saat ini adalah hoaks," kata Iqbal dalam kepada wartawan, Rabu (9/2/2022).

"Orang tersebut diketahui keberadaannya, dia saat ini sedang dilakukan pemeriksaan di Polsek Bener dan diperlakukan humanis," lanjutnya.

Iqbal menjelaskan, isu hoaks disebarkan lewat media sosial facebook pada akun wadas_melawan. Pada postingan tersebut menunjukkan foto orang yang dinyatakan hilang berinisial MS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Postingan Provokatif

Iqbal juga menambahkan, sehari sebelumnya MS terdeteksi memposting kegiatan kepolisian yang ada di Purworejo. Termasuk memposting di akun sipil dan Wadas serta memberi caption provokatif. Menindaklanjut hal itu, pada pukul 07.00 WIB kemarin, MS diminta menjelaskan perbuatannya.

"Hasil interogasi yang bersangkutan mengakui perbuatannya. Yang bersangkutan mengaku memiliki tanah tetapi belum bersertifikat," tutur Iqbal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.