Sukses

Bupati Langkat Sebut Kerangkeng untuk Pemuda Pancasila Pecandu Narkoba

Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin Angin menolak ruangan serupa sel di kediamannya merupakan kerangkeng manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin Angin menolak ruangan serupa sel di kediamannya merupakan kerangkeng manusia.

Menurut Terbit, ruangan tersebut merupakan pembinaan bagi para anggota Pemuda Pancasila yang kecanduan narkoba.

"Awalnya itu untuk pembinaan organisasi. Organisasi sendiri, saya sebagai tokoh Pemuda Pancasila. Supaya bisa menghilangkan pecandu narkoba," ujar Terbit usai menjalani pemeriksaan Komnas HAM di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (7/2/2022).

Dia mengatakan, adanya kerangkeng tersebut sudah diketahui masyarakat sekitar. Bahkan, Terbit mengatakan aparat setempat pun mengetahui adanya kerangkeng tersebut.

"Kalau laporan tidak, tapi itu sudah umum, tidak dirahasiakan lagi. Iya diketahui (aparat)," kata dia.

Bahkan, menurut Terbit, masyarakat setempat tidak pernah protes dengan adanya kerangkeng tersebut. Malahan, kata Terbit, masyarakat sekitar mendukung adanya kerangkeng itu.

"Iya sifatnya membantu warga di sana. Tidak (ada protes), ini permintaan masyarakat," jelas Terbit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komnas HAM Periksa Bupati Nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin Angin

Sebelumnya, Komnas HAM memeriksa Terbit Rencana di Gedung KPK. Pemeriksaan berkaitan dengan temuan kerangkeng di kediaman Terbit.

Terhadap Terbit, Komnas HAM mengonfirmasi berbagai macam foto, video, dan dokumen yang dia dapatkan saat penyelidikan.

Komnas HAM menyebut, dalam pemeriksaan Terbit mengakui adanya korban meninggal dalam kerangkeng. Korban meninggal diduga setelah satu minggu dikurung.

Komnas HAM menduga korban meninggal dunia dalam kerangkeng itu lebih dari tiga orang. Selain itu, Komnas HAM juga menemukan adanya alat kekerasan dalam kerangkeng tersebut.

3 dari 3 halaman

Ada Kerangkeng Manusia di Kediaman Bupati Langkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.