Sukses

Tender Formula E Disebut Tak Transparan, Wagub DKI: Itu Tanggung Jawab Jakpro

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan, sejatinya dalam proses lelang untuk tender Formula E, Jakpro telah mengikuti proses sesuai peraturan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut proses lelang tender sirkuit ajang balap Formula E 2022 di Jakarta merupakan tanggung jawab PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Riza mengaku tak tahu menahu soal anggapan lelang proyek Formula E tidak transparan. Politikus Partai Gerindra ini meminta pers bertanya langsung ke pihak Jakpro.

"Ya, itu kan sudah jadi tanggung jawab Jakpro yang ditunjuk Pemprov, silakan teman-teman dicek di Jakpro prosesnya," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (7/2/2022).

Dia menjelaskan, sejatinya dalam proses lelang, Jakpro telah mengikuti proses sesuai peraturan. Riza mengklaim, Jakpro sudah terbiasa mengadakan lelang untuk beberapa proyek di DKI Jakarta.

"Semua proses lelang, pengadaan, konstruksi, semuanya itu melalui proses tahapan-tahapan yang ada. Kita ini kan bukan setahun, dua tahun, sudah belasan, puluhan tahun di Jakarta ini melaksanakan lelang, prosesnya, mekanismenya, SOP, aturannya semua memang harus sesuai dengan ketentuan yang ada," kata dia.

Namun terkait detail dalam proses lelang, pria berusia 52 tahun itu meminta untuk bertanya langsung kepada Jakpro. Sebab, proses tender sendiri sesungguhnya telah selesai.

"Kalau nilai kontrak, silakan, berapa nilai kontrak, siapa pemenang, silakan tanyakan langsung ke Jakpro, teman-teman bisa mengecek, berdiskusi secara detil," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemenang Tender

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) mengaku telah menyelesaikan proses tender sirkuit Jakarta E-Prix 2022. Pemenang tender sirkuit Formula E sudah ditetapkan, yaitu PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama. Tbk.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan, Nadia Diposanjoyo, mengungkapkan, proses pelaksanaan tender hingga terpilih pemenang telah melalui beberapa tahapan seleksi pengadaan yang dilaksanakan secara terbuka dan transparan, dapat diakses melalui website e-procurement perseroan yang telah memenuhi prinsip Pengadaan Barang/Jasa.

"Keputusan kemenangan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk. berdasarkan kelulusan berbagai kriteria penilaian yang telah ditetapkan persyaratannya dan hasil klarifikasi bersama sama dengan tim konsultan pelaksana, tim adhoc procurement perseroan, serta tim Formula E. agar sesuai dengan standar kualitas terbaik dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan pembangunan sirkuit balapan E-Prix 2022," tulis Nadia dalam keterangannya, Sabtu (5/2/2022).

3 dari 3 halaman

Kolaborasi untuk Jakarta E-Prix 2022

Pada prosesnya, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk mendapatkan kecukupan dan pemenuhan penilaian terbaik di antara penyedia lainnya melalui proses evaluasi dan klarifikasi. Pengalaman dalam membangun infrastruktur, termasuk jalan layang dan jalan tol, kemampuan proyek, serta akuntabilitas dalam bekerja telah banyak dibuktikan oleh pemenang terpilih ini.

"Jakpro optimis, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk. dapat berkolaborasi menyukseskan Jakarta E-Prix 2022. Mereka memiliki banyak peralatan yang mumpuni dan tenaga ahli yang telah bertahun-tahun berkecimpung di bidang konstruksi," ujar Gunung Kartiko selaku Vice Managing Director Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022," ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.