Sukses

Waspada Covid-19 Omicron, Luhut Minta Lansia Tak Keluar Rumah Sebulan ke Depan

Luhut Binsar Pandjaitan meminta lansia di atas 60 tahun tidak keluar rumah hingga sebulan ke depan untuk mencegah penularan varian Omicron.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan meminta lansia di atas 60 tahun tidak keluar rumah hingga sebulan ke depan untuk mencegah penularan varian Omicron. Terutama yang belum melakukan vaksinasi dan memiliki komorbid untuk tidak keluar rumah dalam dua minggu hingga sebulan ke depan.

"Saya usul dua minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang yang saya sebut tadi, kriteria 60 tahun ke atas, eloknya tinggal di rumah dahulu, sementara," kata Luhut saat secara virtual menghadiri Harlah Ke-96 NU di NTT, Sabtu 5 Februari 2022.

Luhut yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengungkapkan kasus Covid-19 tengah meningkat.

"Buat teman-teman yang umurnya 60 tahun ke atas dan belum divaksin serta punya komorbid, saya sarankan jangan keluar dari rumah," lanjut dia.

Menurut dia, kasus meninggal akibat Covid-19 umumnya terjadi pada orang-orang yang belum divaksin lengkap, berusia di atas 60 tahun dan memiliki komorbid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Panik

Namun, Luhut meminta masyarakat tidak perlu panik lantaran data pemerintah menunjukkan, perawatan pasien varian baru itu relatif singkat.

Koordinator PPKM Jawa Bali itu pun berpesan agar seluruh elemen masyarakat, termasuk warga NU, untuk segera melakukan vaksinasi.

Luhut juga meminta agar masyarakat tidak menganggap enteng varian Omicron karena gejalanya yang ringan dan perawatannya yang singkat.

"Akan tetapi, tidak boleh nganggap enteng Omicron karena virus ini juga bisa merusak tubuh kita," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • Luhut