Sukses

Top 3 News: Respons KPK Saat Romahurmuziy Kembali ke Panggung Politik

Kembali ke politik, Plt Juru Bicara KPK berharap Romahurmuziy memberikan pelajaran kepada sesama politikus agar tak mendekati tindak pidana korupsi.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menjadi orang bebas, mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy terlihat beberapa kali hadir dalam rapat bersama partai berlambang Kakbah ini.

Seperti diketahui, sebelumnya pria yang akrab disapa Romi tersebut pernah terjerat kasus suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Oleh Pengadilan Tipikor, Romi saat itu dijatuhi vonis 1 tahun penjara.

Kembalinya Romahurmuziy ke sejumlah acara yang digelar oleh PPP, belakangan mendapat respons dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Plt Juru Bicara KPK, Ali Fkiri mengatakan, apa yang dilakukan Romi ke kekendaraan politiknya merupak hak setiap warga negara. Karena dia kini telah menjadi orang bebas.

Ali bahkan berharap, dengan kembalinya ke PPP, Rohahurmuziy bisa menyampaikan pesan bahwa ada sanksi hukum tegas bagi mereka yang berani melakukan tindak pidana korupsi. 

Berita terpopuler lainnya terkait perkembangan terkini kasus Covid-19 di Tanah Air. Diketahui, lonjakan kasus positif terus terjadi. Hingga Sabtu, 5 Februari kemarin, Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan ada penambahan 33.729 kasus yang terkonfirmasi. 

Dengan penambahan ini maka angka kasus Covid-19 di Indonesia nyaris menyentuh 4,5 juta kasus selama pandemi.

Menyikapi hal ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta para lansia yang usianya di atas 60 tahun untuk tidak bepergian dan tetap di dalam rumah. Apalagi jika belum divaksin dan memiliki penyakit penyerta. 

Sementara itu, aktivitas anak Gunung Krakatau masih terlihat hingga Sabtu pagi, 5 Februari kemarin. Pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan dari atas puncak, telah terjadi dua kali letusan dengan ketinggian kolom mencapai 1.500 meter.

Sehari sebelumnya bahkan teramati oleh pihak PVMBG telah mengalami sembilan kali letusan. Dengan ketinggian kolom abu hingga 1.000 meter. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 5 Februari 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Harapan KPK dengan Kembalinya Romahurmuziy ke Dunia Politik

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak mempermasalahkan kembalinya Romahurmuziy alias Romi ke dunia politik. Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu terlihat beberapa kali hadir dalam acara PPP.

"KPK menghormati hak setiap mantan narapidana korupsi sebagai WNI dalam berserikat, berkumpul, dan beraktivitas dalam lingkungannya masing-masing, termasuk kegiatan politik. Tentu aktivitas tersebut setelah para pihak menyelesaikan masa hukumannya," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (4/2/2022).

Namun demikian, Ali berharap Romi bisa memberikan pelajaran kepada rekan-rekannya sesama politikus agar tak mendekati tindak pidana korupsi. Sebab efek dari terjerat dalam tindakan koruptif sangat nyata.

"Kami berharap, para mantan narapidana korupsi tersebut dapat menyampaikan pesan kepada lingkungannya. Bahwa efek jera dari penegakan hukum tindak pidana korupsi itu nyata, yang tidak hanya berimbas pada diri pelaku, tapi juga terhadap keluarga, kerabat, dan lingkungannya," kata Ali.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Luhut: Masyarakat di Atas 60 Tahun, Punya Komorbid, Jangan Keluar Rumah

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyebut kasus Covid-19 di Indonesia akan terus melonjak. Dia pun mengimbau agar masyarakat berusia 60 tahun ke atas, memiliki penyakit penyerta atau komorbid, dan belum menerima vaksin untuk tidak keluar rumah.

"Buat teman-teman yang umur 60 tahun keatas dan belum di vaksin, punya komorbid, saya sarankan jangan keluar dari rumah," kata Luhut saat menghadiri Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-96 di Labuan Bajo NTT secara virtual, Sabtu (5/2/2022).

Menurut dia, pasien Covid-19 yang meninggal didominasi oleh masyarakat yang belum divaksin dua kali, berusia 60 tahun ke atas, dan memiliki komorbid. Luhut pun mengingatkan semua masyarakat, khususnya warga NU segera menerima vaksinasi Covid-19.

"Karena data yang saya katakan tadi, sebagian besar yang meninggal itu ada orang-orang yang sudah sepuh ada komorbid dan belum divaksin. Ini penting," jelas Luhut.

Adapun kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia salah satunya disebabkan adanya varian Omicron.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gunung Anak Krakatau 2 Kali Erupsi pada Sabtu Pagi, 5 Februari 2022

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani menyebut Gunung Anak Krakatau masih memperlihatkan aktivitas hingga pagi ini. Menurut Andini, terpantau Anak Krakatau masih erupsi sebanyak dua kali.

"Tadi pagi terjadi dua kali letusan dengan ketinggian kolom mencapai 1.500 meter," ujar dia kepada Liputan6.com, Sabtu (5/2/2022).

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut Gunung Anak Krakatau sempat erupsi sebanyak sembilan kali pada hari ini, Jumat (4/2/2022).

"Pada 4 Februari 2022 teramati letusan sebanyak 9 kali," ujar Kepala PVMBG Andiani dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com. 

Andiani menyebut, sembilan kali erupsi Anak Krakatau terjadi pada pukul 09.43, 10.25, 10.28, 12.46, 13.00, 13.31, 13.41, 14.46, dan 17.07 WIB dengan tinggi kolom abu berkisar 800-1000 meter di atas puncak. 

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.