Sukses

Jawaban Istana soal Presiden Jokowi Kunker di Tengah Lonjakan Covid-19

Heru Budi Hartono menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap melakukan kunjungan kerja ke daerah di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap melakukan kunjungan kerja ke daerah di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Adapun Jokowi melakukan kunjungan ke Sumatera Utara sejak Rabu 2 Februari 2022.

Terlebih, kunjungan Jokowi ke Sumatera Utara tersebut disambut antusias masyarakat setempat. Mereka ramai-ramai ikut mengunjungi beberapa lokasi yang didatangi oleh Jokowi.

"Kegiatan-kegiatan kenegaraan harus tetap jalan seperti peresmian tol, pelabuhan, dan lain-lain," jelas Heru kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Dia memastikan Jokowi, para menteri, serta rombongan rutin menjalani tes PCR maupun antigen Covid-19.

Selain itu, Heru mengatakan bahwa Jokowi dan rombongan menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar.

"Semua PCR Swab dan setiap pagi antigen, dan tentunya protokol kesehatan," ucap Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Ke Sumut

Sebagai informasi, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara pada Rabu, 2 Februari 2022. Di hari pertama kunjungannya, Jokowi meninjau dan meresmikan meninjau dan meresmikan jalan bypass Balige di Kabupaten Toba.

Kemudian, dianmeninjau dan meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun.

Selanjutnya, Jokowi meresmikan pelabuhan tersebut beserta enam pelabuhan lainnya dan empat kapal motor penumpang (KMP) sebelum lepas sauh menuju Kabupaten Samosir dengan menggunakan kapal feri.

Pada hari kedua kunjungannya yakni, Kamis (3/2/2022), Jokowi membagikan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial, SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), hingga Sertifikat Tanah untuk masyarakat setempat. Lalu, dia membagikan bantuan langsung tunai bagi para pedagang di Pasar Induk Sidikalang.

Jokowi sendiri mengakui soal keramaian masyarakat yang menyambutnya saat tiba di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Warga sangat antusias menyambut sebab Jokowi merupakan Presiden pertama yang datang ke Kabupaten Dairi.

Jokowi menyebut keramaian masyarakat sudah terlihat saat dirinya turun dari helikopter di helipad Stadion Utama Sidikalang Kabupaten Dairi. Bahkan, mobil yang ditumpangi Jokowi sampai tak bisa bergerak karena banyaknya masyarakat di jalan.

"Tadi ramai banget, dari turun helikopter sampai kesini mobilnya enggak bisa jalan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan di Lapangan Sudirman Kabupaten Dairi, sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

"Ternyata saya baru tahu, Kabupaten Dairi belum pernah dikunjungi presiden. Baru hari ini, jadi ramai banget," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.