Sukses

Top 3 News: Jokowi Ngebut Saat Jajal Jalanan Kabupaten Toba, Sumatera Utara

Jokowi yang mengenakan motor custom Kawasaki W175 berada di barisan paling depan saat menjajal jalanan di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan kunjungan ke Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri menjajal jalanan di Kabupaten Toba yang telah diresmikan.

Mengendarai motor custom Kawasaki W175, Jokowi berada dibarisan paling depan. Sejumlah menteri pun ikut mendampinginya dengan ikut mengendari motor custom. Di antaranya ada Menteri Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Basuki Hadimuljono, Menteri Sandiaga Uno. 

Sandiaga mengaku saat tengah berkonvoi menjajal jalanan Kabupaten Kota, Jokowi menggas motornya hingga dirinya tertinggal di belakang.

Berita terpopuler lainnya di top 3 news, Rabu 2 Februari kemarin terkait keutamaan, niat serta dalil saat menjalankan puasa Rajab. Seperti diketahui, bulan Rajab adalah salah satu bulan ketujuh yang dimuliakan Allah SWT. 

Bulan ini diartikan sebagai bulan dimana dikucurkan rahmat bagi hamba-hamba Allah yang bertaubat kepada-Nya. Salah satunya dengan menjalankan ibadah puasa.

Lantas, kapan waktu yang baik melakukan puasa Rajab? Puasa Rajab baiknya dilakukan bertepatan hari-hari utama agar pahalanya lebih besar.

Sementara itu, tiga gempa yang getarkan wilayah Indonesia juga tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6. Gempa bumi pertama bermagnitudo 6,2 mengguncang Maluku Barat Daya, Rabu dini hari, pukul 02:25:10 WIB.

BMKG mengatakan lindu tak berpotensi tsunami. Ada pun pusat gempa terjadi di laut dengan kedalaman 131 kilometer.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 1 Februari 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sandiaga Uno Sebut Jokowi Ngebut Saat Motoran di Toba, Luhut: Ngejarnya Setengah Mati

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama sejumlah menteri menjajal jalanan di Kabupaten Toba Sumatera Utara, dengan mengendarai sepeda motor, Rabu (2/2/2022). Namun, menteri yang mengikutinya, tertinggal karena Jokowi memacu sepeda motornya dengan sangat cepat.

Jokowi yang mengenakan motor custom Kawasaki W175 berada di barisan paling depan. Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memakai Honda CRF 150, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengendarai motor custom chooper bewarna merah.

Adapun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menunggangi motor listrik Gesits bewarna merah karya anak bangsa. Sandiaga mengaku tertinggal karena Jokowi sangat cepat saat menggas sepeda motor.

Awalnya, Jokowi ditanya apakah ngebut saat mengendarai motor. Jokowi pun menjawab mengendarai motor dengan kecepatan normal.

"Ngebut tadi (motoran), Pak?" tanya media kepada Jokowi, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden.

"Ndak, hanya berapa sih tadi," jawab Jokowi.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Ketentuan Puasa Rajab, Niat, Dalil dan Keutamaannya

Rajab merupakan bulan ketujuh dalam penanggalan Islam dan termasuk satu dari bulan yang dimuliakan Allah SWT.

Menurut Sayyid Abu Bakar Syattha’ dalam I’ânah at-Thâlibîn, Rajab diambil dari kata at-tarjîb yang berarti memuliakan. Karena masyarakat Arab dulu lebih memuliakannya dibanding bulan lainnya.

Rajab disebut juga Al-Ashabb yang berarti mengucur. Atau dapat diartikan sebagai bulan kucuran rahmat bagi hamba-hamba Allah yang bertaubat kepada-Nya.

Seperti dilansir dari Nu.or.id, salah satu amalan yang dsunahkan dalam bulan Rajab adalah berpuasa. Kesunnahan berpuasa lebih ditekankan pada hari yang memiliki kemuliaan. Momen memperoleh kemuliaan tersebut adakalanya dalam setiap tahun, setiap bulan, ataupun setiap minggu.

Lantas, kapan waktu yang baik melakukan puasa Rajab?

Puasa Rajab baiknya dilakukan bertepatan hari-hari utama agar pahalanya lebih besar. Seperti pada ayyâmul bidh (tanggal 13, 14, dan 15), hari Senin, hari Kamis, dan hari Jumat (al-Ghazali, Ihyâ ‘Ulumiddîn, juz 3, h. 432).

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gempa Bumi Getarkan 3 Wilayah Indonesia Hari Ini Rabu 2 Februari 2022

Gempa bumi kembali getarkan wilayah Indonesia hari ini, Selasa (2/2/2022). Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 20.10 WIB, ada tiga lindu yang terjadi.

Gempa pertama mengguncang Maluku Barat Daya. Lindu berkekuatan magnitudo 6,2 dengan pusatnya berada di laut. 

Meski dilaporkan tak berpotensi tsunami, getarannya dirasakan dalam skala II-III MMI (Modified Mercally Intensity) di Saumlaki.

Selanjutnya gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 terjadi di Sumur, Banten. Lindu terjadi di laut dan getarannya dirasakan hingga Cigeulis, Cimanggu, Sobang, Sukaresmi dalam skala II-III MMI.

Berikutnya, gempa terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berpusat di laut, gempa ketiga ini dilaporkan berkekuatan magnitudo 4,2.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.