Sukses

100 Calon Taruna Poltekim Kemenkumham Terpapar Covid-19

Sebanyak 100 calon taruna (catar) Politeknik Ilmu Keimigrasian (Poltekim) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terpapar Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 100 calon taruna (catar) Politeknik Ilmu Keimigrasian (Poltekim) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terpapar Covid-19. Hal tersebut diketahui sebelum para taruna mengikuti masa basis di Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) di Lido, Bogor, Jawa Barat.

"Pada 2 Februari 2022, taruna Poltekim dikirim ke SPN Lido guna mengikuti masa basis. Berdasarkan hasil swab yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari pihak SPN didapatkan hasil sebanyak 100 taruna positif," ujar Kasubbag Humas dan Protokol BPSDM Kemenkumham Sopi Ahyar dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Ahyar mengatakan, demi mencegah kian masifnya penularan Covid-19 terhadap para calon taruna, pihaknya langsung mengisolasi mandiri mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Terhadap permasalahan tersebut kami telah melakukan langkah-langkah antara lain, seluruh catar yang terkonfirmasi positif ditempatkan di Gedung Asrama Tangerang, dan yang tidak terkonfirmasi ataupun sedang proses penyembuhan di tempatkan di Cinere," kata dia.

Ahyar menyebut, sebelumnya, BPSDM Hukum dan HAM pada 19 Januari 2022 menerima sebanyak 641 calon taruna dari Sekretariat Jenderal Kemenkumham. Sebelum penyerahan telah dilakukan protokol kesehatan yang ketat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajib Swab dan Antigen

Menurut Ahyar, para calon taruna wajib membawa surat hasil swab PCR negatif dua hari sebelumnya. Setelah itu, para calon taruna wajib mengikuti tes swab antigen di BPSDM Hukum dan HAM.

"Pelaksanaan pembekalan pra basis kepada seluruh catar di lingkungan BPSDM Kumham dilaksanakan sebelum mengikuti pendidikan di SPN Lido," kata dia.

Dalam layanan pembekalan, Ahyar menegaskan pihaknga melaksanakan encegahan dan penanganan Covid-19 dengan selalu menerapka protokol kesehatan, melakukan disinfektan ke seluruh lingkungan di BPSDM, bekerja sama dengan Puskemas Cinere, RS Pengayoman, merekrut tenaga medis dari luar, baik dokter maupun perawat yang telah berpengalaman menangani pasien Covid19 di Wisma Atlet.

Namun dalam perjalanan kegiatan tersebut, ada beberapa taruna yang terpapar covid 19, berdasarkan hasil swab antigen yang dilaksanakan rutin oleh BPSDM Kumham.

"Bagi calon taruna yang terkonfirmasi positif, telah dilaksanakan isolasi mandiri terpusat di Asrama AL 4. Dan bagi catar yang tidak terkonfirmasi, dilaksanakan karantina terbatas di asrama masing-masing," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.