Sukses

6 Aksi Jokowi yang Mengundang Banyak Sorot Mata Warga Danau Toba, Motoran hingga Beri Jaket

Mengendarai sepeda motor Kawasaki W175 custom, salah satu aksi Jokowi saat menjajal infrastruktur di sepanjang jalan menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat, Simalungun.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dalam setiap kunjungan kerjanya kerap menjadi pusat perhatian. Bukan hanya karena posisinya sebagai Kepala Negara, namun aksinya tak sedikit yang mengundang banyak sorot mata. 

Seperti yang terlihat saat berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara pada Rabu 2 Februari kemarin. Disela meresmikan sejumlah infrastruktur, Jokowi terlihat menjajal jalan yang baru diperbaiki dengan menaiki motor custom bermerek Kawasaki.

Tak sendiri, Jokowi pun terlihat didampingi sejumlah menteri. Dua di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Keduanya juga mengendarai motor custom buatan anak negeri. Masing-masing Honda CRF 150, sementara Sadiaga menunggangi motor listrik Gesits bewarna merah.

Jaket yang dikenakan Jokowi juga tak kalah mengundang banyak perhatian. Di bagian depan jaket, terbentang tulisan G20 Indonesia 2022.

Berikut sederet aksi Jokowi yang mengundang banyak sorot mata dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Motoran di Toba

Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor Kawasaki W175 custom dari Simpang Sibisa Kabupaten Toba menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Rabu, 2 Februari kemarin. Dia juga sekaligus menjajal infrastruktur di sepanjang jalan.

Namun, Jokowi menemukan masih ada jalan di Kabupaten Toba menuju Kabupaten Simalungun yang sedikit bergelombang. Dia pun telah menyampaikan hal ini kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono agar diperbaiki.

"Juga lihat infrastruktur jalannya mulus enggak, ya tadi sudah 80 persen mulus, ada 20 persen masih gelombang sedikit-sedikit. Kita sudah menyampaikan ke Menteri PU," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu.

Dia tampak didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat menjajal jalanan. Para menteri turut menaiki sepeda motor masing-masing.

"Saya dan menteri-menteri ingin menghirup udara segar Danau Toba, karena udara di sini _fresh_ sekali, rugi kalau kita enggak naik motor," ujarnya.

3 dari 7 halaman

2. Dikawal Luhut dan Sandiaga

Tak sendiri, Jokowi dikawal sejumlah menteri dam pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

Berdasarkan foto yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, tampak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menemani Jokowi. Ada pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Para menteri yang berada di belakang Jokowi juga mengendarai sepeda motor masing-masing. Luhut memakai Honda CRF 150, Basuki mengendarai motor custom chooper bewarna merah, dan Sandiaga Uno menunggangi motor listrik Gesits bewarna merah.

Jokowi dan para menteri menaiki sepeda motor dari Simpang Tiga Bandar Udara Sibisa, Kabupaten Toba menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun. Dia direncanakan meninjau dan meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat.

4 dari 7 halaman

3. Kenakan Jaket Edisi Terbatas Tema G20

Penampilan Jokowi menaiki sepeda motor semakin keren karena menggunakan jaket edisi terbatas dengan tema G20 Indonesia. Jaket tersebut merupakan buatan produsen lokal asal Kota Bandung, Rabbit and Wheels.

Jaket itu didominasi warna hitam dengan sedikit aksen warna hijau tua di bagian lengan dan bahu. Di bagian depan jaket, terbentang tulisan G20 Indonesia 2022 dengan slogannya "Recover Together, Recover Stronger" tersemat di bagian dada sebelah kiri.

5 dari 7 halaman

4. Jokowi Disebut Ngebut Saat Motoran

Saat menjajal jalanan di Kabupaten Toba,  Jokowi memacu sepeda motornya dengan sangat cepat. Hal ini membuat menteri yang mengikutinya, tertinggal jauh di belakang.

Sandiaga mengaku tertinggal karena Jokowi sangat cepat saat menggas sepeda motor.

Awalnya, Jokowi ditanya apakah ngebut saat mengendarai motor. Jokowi pun menjawab mengendarai motor dengan kecepatan normal.

"Ngebut tadi (motoran), Pak?" tanya media kepada Jokowi, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden.

"Ndak, hanya berapa sih tadi," jawab Jokowi.

Sandiaga pun berkelakar dengan menimpali bahwa Jokowi cukup ngebut saat menunggangi motor. Jokowi, Luhut, dan Sandiaga pun langsung tertawa.

"Ngebut, saya ketinggalan," kata Sandiaga yang ada disamping Jokowi.

"Ngejarnya setengah mati," timpal Luhut.

"Enggak, biasa aja," ujar Jokowi sambil tertawa.

6 dari 7 halaman

5. Jokowi Beli 2 Buah Nanas Seharga Rp 200 Ribu

Jokowi juga sempat mengunjungi Pasar Porsea, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu, 2 Februari kemarin.

Dalam kesempatan itu, Jokowi turut membeli sejumlah barang dagangan yang dijajakan para pedagang di Pasar Porsea. Jokowi diketahui membeli buah nanas dan buah salak.

"Beli nanas 2 biji dikasih Rp 200.000. Terima kasih Pak Jokowi," ucap Fransisca Tampubolon, penjual nanas yang dibeli oleh Jokowi, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi juga berbincang dengan pedagang sayur di Pasar Porsea bernama Sondang Novita Butar Butar. Sondang mengaku sangat senang dapat bertemu langsung dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Hal yang sama disampaikan Risma Sitorus yang sehari-hari berjualan makanan dan minuman di Pasar Porsea. Dia sangat senang mendapatkan bantuan untuk tambahan modal usaha serta sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Bahagia banget bisa ketemu dengan Pak Presiden secara langsung. Dikasih hadiah. Bantuan masyarakat ini, sama beras, ada sembako," ungkap Risma.

7 dari 7 halaman

6. Memberikan Jaket

Selain membagikan bantuan modal, Jokowi juga memberikan jaket yang digunakannya kepada salah seorang warga yang beruntung. Warga tersebut adalah Rio, seorang tukang jahit, yang mendapatkan hadiah jaket langsung dari Kepala Negara.

"Sangat senang sekali dikasih jaket. Dipanggil langsung, ini sebagai kenang-kenangan katanya. Semoga Bapak Presiden sehat-sehat dan tambah maju negara kita," ujar Rio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.