Sukses

Polisi Sebut Status Adam Deni Sudah Tersangka

Adam Deni dilaporkan ke polisi atas dugaan tindak pidana melakukan upload atau mengunggah dokumen elektronik pribadi tanpa seizin pemiliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap pegiat media sosial Adam Deni. Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, menyampaikan bahwa status Adam Deni telah ditetapkan sebagai tersangka

Adam Deni dilaporkan atas dugaan tindak pidana melakukan upload atau mengunggah dokumen elektronik pribadi tanpa seizin pemiliknya.

"Sudah tersangka. Sejak tadi malam diamankan dan ditangkap statusnya tersangka," tutur Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022).

Adam Deni diduga melanggar Pasal Pasal 48 ayat 1, 2, dan 3 Jo Pasal 32 ayat 1, 2, dan 3 Undang-Undang ITE. "Dokumen, yang jelas dokumen milik orang lain yang diupload oleh orang yang tidak berhak ya. Jadi sementara itu. Yang lainnya adalah merupakan bagian dari proses penyidikan," kata Ahmad.

Sebelumnya, polisi menangkap pegiat media sosial Adam Deni pada Selasa, 1 Januari 2022 malam WIB. Hal itu lantaran mengunggah dokumen elektronik milik orang lain tanpa izin.

"Diamankan oleh Dittipidsiber Bareskrim Polri atas tindak pidana melakukan upload dokumen elektronik pribadi tanpa seizin pemilik sebagaimana dimaksud pada Pasal 48 ayat 1, 2, dan 3 Jo Pasal 32 ayat 1, 2, dan 3 UU ITE," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu (2/1/2022).

Menurut Ahmad, penangkapan Adam Deni berdasarkan Laporan Polisi dengan LP nomor LP/B/0040/I/2022/SPKT/Dittipidsiber Bareskrim Polri tertanggal 27 Januari 2022, dengan pelapor atas nama SYD. "Telah dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi dan juga saksi ahli, saksi ahli tindak pidana, dan ahli IT," kata Ahmad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berseteru dengan Jerinx

Sebelumnya, pegiat media sosial Adam Deni, berseteru dengan musikus I Gede Ari Astina alias Jerinx terkait kasus dugaan pengancaman. Meski sudah ada mediasi dan saling bermaafan, Adam Deni tetap menginginkan perkara tersebut diproses hukum hingga ke pengadilan.

Dalam perjalanan sidangnya, Jerinx SID kemudian menunjukkan sebuah foto usai menjalani sidang kasus dugaan pengancaman melalui media elektronik dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Setelah diperlihatkan, Jerinx mengatakan kalau foto tersebut adalah diduga seseorang berinisial AD yang mengacungkan jari tengah ke foto Presiden Joko Widodo.

Suami Nora Alexandra itu minta keadilan dengan meminta polisi bisa segera memproses orang yang ada di dalam foto tersebut. Menurut Jerinx, foto AD itu sudah menjadi bahan pembicaraan di Bali. Ia mempertanyakan mengapa AD masih bebas berkeliaran sementara dirinya dipidanakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.