Sukses

Ucapan Gong Xi Fa Cai dari Jokowi hingga Menang Yaqut di Hari Raya Imlek 2022

Jokowi berharap di Tahun Baru Imlek 2022 keberuntungan dan kesehatan selalu mengiringi langkah masyarakat semuanya.

Liputan6.com, Jakarta Selamat Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili. Hal ini disampaikan sejumlah tokoh negeri dimulai dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Lewat akun media sosialnya, masing-masing mengucapkan harapan tering doa bahwa di Imlek 2022 ini semua harapan yang baik dapat dikabulkan. Salah satunya seperti yang ditulis Presiden Jokowi dalam akun instagramnya @jokowi, Selasa (1/2/2022).

"Semoga keberuntungan, kasih sayang, dan kesehatan senantiasa mengiringi langkah kita semua. Gong Xi Fa Cai," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Selasa.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap di tahun Macan ini, semua hidup dalam damai dan sejahtera. Menag Yaqut bahkan mengajak masyarakat Tionghoa menjalani pola hidup dengan konsep ajaran Yin Yang.

Lantas, apa harapan Anies Baswedan untuk masyarakat Tionghoa di tahun baru Imlek 2022 ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi: Keberuntungan dan Kesehatan Selalu Mengiringi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili. Jokowi berharap agar keberuntungan dan kesehatan selalu mengiringi langkah masyarakat semuanya.

Menurut dia, tantangan dan ujian datang silih berganti. Namun, Jokowi mengatakan manusia telah dibekali kekuatan, keberanian, dan kemampuan untuk menghadapinya.

"Karena itulah, segenap lampion harapan tetap kita apungkan," ucap dia.

3 dari 4 halaman

2. Menag Yaqut: Tahun yang Penuh dengan Harmoni

Selamat tahun baru Imlek 2573 Khongzili, Gong He Xin Xi, Wan Shi Ru Yi, yang jatuh pada Selasa 1 Februari 2022.

Ucapan itu diberikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada seluruh umat Khonghucu di Tanah Air. Dia berharap tahun ini menjadi tahun yang penuh dengan harmoni.

"Semoga di sepanjang tahun Macan Air ini segala persoalan dapat teratasi, dan kita semua senantiasa hidup dalam harmoni, damai, dan sejahtera," ujar Yaqut menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin, 31 Januari. 

Menag bahkan mengapresiasi tema tahun baru Imlek 2573 Khongzili yakni "Seorang Junzi (insan beriman dan berbudi) hidup dalam tengah sempurna, Xiaoren (manusia rendah budi) hidup menentang tengah sempurna".

Tema yang diambil dari ayat suci kitab Khonghucu ini menganjurkan agar semua masyarakat taat menjalankan ajaran agama dengan menjadi umat manusia dan warga negara yang baik.

4 dari 4 halaman

3. Anies: Semoga Jadi Penyemangat untuk Bersinergi

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, alam sebuah video yang diunggah lewat akun Instagram pribadinya, Selasa (1/2/2022), menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek ke-2573 Kongzili.

"Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucapkan selamat. Selamat Tahun Baru Imlek ke-2573 Kongzili bagi seluruh warga Jakarta yang merayakan," ujar Anies dalam sebuah video yang diunggah lewat akun Instagram pribadinya, Selasa.

Anies berujar bahwa shio Macan menjadi lambang ketangguhan, kekuatan serta keberanian dalam menerabas bermacam rintangan.

"Kita berharap ragam unsur itu menjadi inspirasi, menjadi pesan penyemangat untuk kita semua, untuk terus sinergi, menjaga persatuan, mendorong kesuksesan dalam kita meraih kemajuan dan kebahagian bagi semua," pesan Anies.

Dengan begitu, menurut Anies diharapkan dapat menghadirkan rasa persaudaraan di tengah warga DKI.

"Semoga ragam makna dan rasa yang hadir dalam momentum penuh kemakmuran ini, bisa makin menguatkan rasa persaudaraan antar warga khususnya di Jakarta," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.