Sukses

Momen Imlek, Ganjar Temui Veteran Perang Keturunan Tionghoa

Yoewono menjelaskan, keinginannya ikut berperang lantaran cinta terhadap Indonesia. Meskipun keturunan Tionghoa, Yoewono menyebut Indonesia sebagai tanah kelahirannya.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menemui veteran perang keturunan Tionghoa Trisno Yoewono (77) di kawasan Bulusan, Tembalang, pada momen perayaan Imlek Selasa (1/2/2022).

Tak hanya turun di medan perang, Yoewono juga merupakan murid dari Dullah, pelukis istana kesayangan Presiden pertama RI, Soekarno. Ganjar sempat berbincang dengan Yoewono.

"Kok dulu sebagai orang Indonesia keturunan Tionghoa, kok mau perang. Kenapa?" kata Ganjar ke Yoewono di kediamannya, Selasa (1/2/2022). 

Yoewono menjelaskan, keinginannya ikut berperang lantaran cinta terhadap Indonesia. Meskipun keturunan Tionghoa, Yoewono menyebut Indonesia sebagai tanah kelahirannya.

"Kita kesadaran diri, kita lahir di Indonesia, mau gimana ya jadi orang Indonesia. Wah nggak ada (gaji), kita rela mati untuk bela negara," ujar Yoewono. 

Di sela-sela obrolan, Ganjar sempat teralihkan oleh sebuah lukisan yang menyerupai dirinya. Namun lukisan itu masih belum rampung. 

"Pak Yu, nanti kalau sudah selesai itu lukisannya kabari saya ya. Biar saya beli," ucap Ganjar.

Ganjar pun memuji beberapa lukisan karya realis milik Yoewono. Ganjar juga mengajak Yoewono menggelar pameran ke publik kembali.

"Wah keren, berarti ini lukisan jenengan alirannya realis ya. Katanya pernah bikin pameran, mbok dipamerkan lagi," kata Ganjar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Idap Penyakit Stroke

Adapun Yoewono di masa tuanya kini terkena stroke. Yoewono mengaku belum banyak menghasilkan karya lukis lagi akibat sakit yang dideritanya.

Yoewono pun menyampaikan rasa terima kasihnya ke Ganjar. Dia menilai Ganjar sosok yang rendah hati dan tidak melupakan rakyat kecil. 

"Terimakasih Pak Ganjar, sudah datang. Tadi ngobrol banyak saya cerita macem-macem. Pak gubernur baik sama rakyat kecil, saya nggak pernah lupa sama Pak gubernur," tutur Yoewono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.