Transjakarta Aktifkan Bus Rute Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan dan Kampung Melayu-Ragunan

Oleh Yopi Makdori pada 30 Jan 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 30 Jan 2022, 11:45 WIB
FOTO: Penyesuaian Operasional Transjakarta di Masa PPKM Level 2
Perbesar
Antrean bus Transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Senin (10/1/2022). Selama PPKM Level 2, jam operasional bus Transjakarta dimulai pukul 05.00-21.30 WIB dan untuk layanan angkutan malam hari mulai pukul 21.31-22.30 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali melakukan reaktivasi dua rute yaitu Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan (1F) yang aktif melayani warga pada Rabu 26 Januari 2022 dan Kampung Melayu – Ragunan (5N) pada Jumat 28 Januari 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Angelina Betris menyampaikan pengoperasian dua rute tersebut sebagai bentuk konsistensi Transjakarta dalam meningkatkan pelayanan dan upaya memenuhi kebutuhan mobilitas warga.

Betris mengatakan, untuk rute Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan (1F), Transjakarta menyediakan empat single bus yang akan melayani masyarakat setiap hari Senin-Jumat. Rute ini akan melayani masyarakat pada jam-jam sibuk saja yaitu pagi mulai pukul 05.00 - 10.00 WIB dan sore mulai pukul 15.00 – 21.30 WIB.

Bagi pelanggan yang ingin menggunakan rute ini diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang terdapat di dalam Bus Transjakarta dengan tarif reguler Rp 3.500.

"Dengan adanya rute 1F, diharapkan dapat mempermudah masyarakat baik menuju Stasiun Palmerah maupun yang ingin berpindah moda transportasi lain menuju lokasi tujuan. Dengan begini, sistem integrasi di sekitar wilayah tersebut bisa terlayani dengan baik," ujar Betris dalam keterangan tulis, Minggu (30/1/2022).

Sedangkan rute Ragunan – Kampung Melayu (5N), Transjakarta menyediakan delapan unit single bus yang akan melayani masyarakat setiap hari mulai pukul 05.00 – 21.30 WIB. Untuk dapat menikmati layanan ini masyarakat diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada gate halte dengan tarif reguler Rp. 3.500 dan akan ada perubahan pada titik pemberhentikan akhir.

Dalam hal ini, titik ujung di Ragunan akan berada di Halte Ragunan dari yang sebelumnya berada di Terminal Ragunan, Jakarta Selatan.

Betris mengatakan, Transjakarta saat inii masih beroperasi dengan kapasitas pelanggan sebesar 100 persen dengan menerapkan peraturan yang berlaku dengan ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Seperti, wajib melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area halte, menunjukkan bukti telah melakukan vaksinasi Covid-19 baik melalui aplikasi PeduliLindungi, JAKI maupun dokumen yang sudah diprint out maupun dalam bentuk softcopy kepada petugas serta tidak diperkenankan untuk melakukan percakapan baik secara langsung maupun melalui sambungan telepon.

"Kami mengimbau agar masyarakat bisa memenuhi semua aturan yang berlaku untuk keamanan dan kenyamanan kita bersama," imbuhnya.

Pembukaan rute Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan (1F) ini merupakan rute ke 169 dan Kampung Melayu – Ragunan (5N) adalah rute ke-170 yang dioperasikan di masa pandemi ini.

"Ke depannya secara bertahap, rute-rute lainnya akan kembali dibuka dengan harapan bisa memberikan kemudahan akan akses transportasi kepada masyarakat dalam mobilitas sehari-hari," tandas Betris.


6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya