Sukses

6 Fakta Terkait Tewasnya Tiga Prajurit TNI saat Baku Tembak dengan KKB Papua

Pada Kamis 27 Januari 2022, sebanyak tiga prajurit tewas tertembak saat penyerangan Pos TNI oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis 27 Januari 2022, sebanyak tiga prajurit tewas tertembak saat penyerangan Pos TNI oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

Hal tersebut diungkap Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid saat menyampaikan alasan ketidakhadiran Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dalam rapat kerja bersama komisinya di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis 27 Januari 2022.

"Per pukul 09.00 WIB tadi, kami menerima WhatsApp dari Pak Panglima bahwa berkenaan dengan kejadian di Papua pagi tadi, beliau harus berangkat," kata Meutya, Kamis 27 Januari 2022.

Sementara itu, menurut laporan Komandan Korem (Danrem) 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro, penyerangan KKB pada Kamis pagi berada di Bukit Tepuk, Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua. Akibat serangan itu tiga prajurit gugur.

"Ketiga jenazah memang sudah dievakuasi menggunakan helikopter Caracal milik TNI AU dan sudah tiba di Timika," kata Brigjen Taufan Gestoro dilansir Antara.

Berikut sederet fakta terkait tewasnya tiga prajurit karena tertembak saat penyerangan Pos TNI oleh KKB Papua dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tiga Prajurit Langsung Dievakuasi

Menurut laporan Komandan Korem (Danrem) 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro, penyerangan KKB pada Kamis pagi 27 Januari 2022 berada di Bukit Tepuk, Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua.

Akibat serangan KKB Papua tersebut, tiga prajurit gugur.

"Ketiga jenazah memang sudah dievakuasi menggunakan helikopter Caracal milik TNI AU dan sudah tiba di Timika," kata Brigjen Taufan Gestoro dilansir Antara.

 

3 dari 8 halaman

2. Kronologi Kejadian

Tiga prajurit TNI AD tewas dalam kontak tembak dengan kelompok separatis teroris (KST) di Desa Tigilobak, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua.

Kontak tembak tersebut bermula dari penyerangan yang dilakukan kelompok separatis itu ke Pos Koramil Gome Satgas Kodim YR 408/Sbh.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna menuturkan, kontak tembak terjadi pukul 04.30 WIT.

"Mengakibatkan tiga prajurit gugur dan satu prajurit mengalami luka tembak dengan kondisi kritis," ujar Tatang dalam keterangan tertulisnya, Kamis 27 Januari 2022.

"Tiga prajurit atas nama Serda M Rizal Maulana Arifin, Pratu Tupel Alomoan Baraza, dan Pratu Rahman Tomilawa, meninggal dunia. Sedangkan satu prajurit lagi mengalami luka tembak atas nama Pratu Syaiful," lanjut dia.

Menurut dia, para korban kontak tembak sudah berada di Puskesmas Ilaga bersama dengan tim evakuasi.

"Saat ini, Satuan Kewilayahan (Kodam XVII/Cenderawasih) masih melakukan pengurusan jenazah dan memberikan perawatan terhadap korban luka tembak," kata Tatang.

 

4 dari 8 halaman

3. Sampaikan Duka Mendalam

Tatang menjelaskan, jenazah Serda M Rizal Maulana Arifin diterbangkan ke kampung halamannya di Bandung, Jawa Barat, pada hari ini.

"Sedangkan, Jumat 28 Januari 2022, jenazah Pratu Tupel Alomoan Baraza diterbangkan ke Jambi dan jenazah Pratu Rahman Tomilawa ke Maluku Tengah," tutur dia.

Atas kejadian itu, pimpinan dan seluruh prajurit serta keluarga besar TNI AD menyampaikan rasa duka yang mendalam atas gugurnya tiga prajurit dari Satgas Kodim YR 408/Sbh tersebut.

Sebagai wujud penghormatan dan rasa cintanya kepada Prajuritnya yang gugur, Tatang mengatakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memimpin langsung upacara pemakaman Serda M Rizal Maulana Arifin di Bandung.

"Sedangkan upacara pemakaman Pratu Tupel Alomoan Baraza di Jambi akan dipimpin Pangdam II/ Sriwijaya dan upacara pemakaman Pratu Rahman Tomilawa di Maluku Tengah akan dipimpin oleh Pangdam XVI/Patimura," tutur Tatang.

 

5 dari 8 halaman

4. KSAD Pimpin Upacara Pemakaman

Sertu Anumerta Rizal Maulana Arifin (24), prajurit TNI AD yang gugur akibat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Jawa Barat.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara pemakaman Sertu Rizal, Sabtu 29 Januari 2022.

"Ini dilaksanakan sebagai penghormatan negara dan TNI atas jasa dan dharma bakti kepada almarhum semasa hidupnya," kata Dudung saat menjadi inspektur upacara pemakaman Sertu Rizal seperti dilansir Antara.

Jenazah Sertu Rizal tiba di rumah duka yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat 28 Januari 2022 malam setelah diterbangkan dari Papua.

 

6 dari 8 halaman

5. TNI Akan Berikan Santunan

Jenderal Dudung menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya Sertu Rizal dan dua prajurit lainnya akibat penyerangan pos TNI di Puncak, Papua, oleh KKB. Dia berharap, gugurnya tiga prajurit TNI itu dapat menjadi suri tauladan bagi prajurit lainnya.

"Dan kami di samping merasa kehilangan, kami doakan semoga tiga almarhum prajurit terbaik ini diberikan tempat yang layak di sisi Allah," kata Dudung.

Dudung juga memberikan santunan kepada keluarga Sertu Rizal sebesar Rp 50 juta. Sejumlah pejabat TNI lainnya juga memberikan sejumlah santunan kepada keluarga korban.

Jenazah Sertu Rizal diberangkatkan dari rumah duka hingga tiba di TMP Cikutra pukul 09.30 WIB. Setelah sejumlah prosesi dilakukan, jenazah Sertu Rizal dikebumikan sekitar pukul 10.00 WIB.

 

7 dari 8 halaman

6. Panglima TNI Meluncur ke Lokasi Kejadian

Tiga prajurit tewas tertembak pada penyerangan Pos TNI oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis 27 Januari 2022.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa pun bergegas bertolak ke lokasi kejadian usai mendapat laporan.

"Per pukul 09.00 WIB tadi, kami menerima WhatsApp dari Pak Panglima bahwa berkenaan dengan kejadian di Papua pagi tadi, beliau harus berangkat," kata Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, saat menyampaikan alasan ketidakhadiran Andika dalam rapat kerja bersama komisinya di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis 27 Januari 2022.

8 dari 8 halaman

Baku Tembak TNI Vs KKB Papua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.