Sukses

Ketum PAN Zulkifli Hassan Sapa Ridwan Kamil sebagai Sahabat, Ada Apa?

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyapa Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dengan sapaan 'mesra' sebagai sahabat.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyapa Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dengan sapaan 'mesra' sebagai sahabat. Sapaan akrab itu diucapkan ketika Zulhas menyapa para tamu undangan saat dia memberikan pidato kebudayaan.

Zulhas, begitu dia akrab dipanggil, memberikan pidato kebudayaan dalam acara bertajuk Zulhas Award di Perpustakaan Nasional, Sabtu (29/1/2022). Ridwan Kamil menjadi salah satu tamu yang diundang dalam acara penghargaan tersebut.

"Gubernur Jawa Barat, sahabat saya Ridwan Kamil," ujar Zulhas.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, memakai jas berwarna biru gelap dan kopiah hitam. Dia duduk di kursi VVIP bersama Gubernur DKI Jakarta dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Namun, hanya dia yang dipanggil 'sahabat' oleh Zulhas.

Dia mengatakan, ada maksud tertentu mengapa menyapa Kang Emil dengan sebutan sahabat. Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Saya panggil sahabat ada maksudnya. Yang tahu Amanat Institute," sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Figur Potensial

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil memiliki hubungan yang dengan partai berlambang matahari itu. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Ridwan Kamil merupakan sahabat dekat. Bahkan dianggap seperti saudara sendiri.

"Ketua Umum PAN, Bang Zulkifli Hasan dan Kang Emil adalah sohib dekat, teman dekat sejak lama. Makanya bagi PAN, Kang Emil kita anggap bukan orang lain, tetapi sudah menjadi saudara sendiri," ujar Viva kepada wartawan, Jumat 21 Januari 2022.

Viva menuturkan, Zulkifli dan Ridwan juga beberapa kali bertemu dan berdiskusi membicarakan masa depan bangsa. Visi Ridwan juga dinilai cocok dan selaras dengan PAN.

"Makanya menurut saya, Kang Emil merasa at home bersama Bang Zul dan PAN," ucapnya.

PAN melihat Ridwan Kamil sebagai figur potensial untuk diusung sebagai calon presiden. Namun, apakah PAN akan mengusung Ridwan Kamil harus diputuskan dalam Rakernas.

"Nanti akan diputuskan oleh ketua umum PAN melalui forum Rakernas. Karena dari hasil Rakernas ke 1 PAN, Agustus 2021 lalu, memutuskan bahwa ketua umum PAN diberi kewenangan untuk menentukan langkah-langkah strategis di pilpres," ujar Viva.

"Saat ini kita masih terus menjalin komunikasi persaudaraan dengan Kang Emil," tutupnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.