Sukses

Sertu Rizal Korban Tembak KKB Papua Dimakamkan di TMP Cikutra Bandung

Sertu Anumerta Rizal Maulana Arifin (24), prajurit TNI AD gugur akibat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

Liputan6.com, Jakarta Sertu Anumerta Rizal Maulana Arifin (24), prajurit TNI AD yang gugur akibat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Jawa Barat. 

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara pemakaman Sertu Rizal, Sabtu (29/1/2022).

"Ini dilaksanakan sebagai penghormatan negara dan TNI atas jasa dan dharma bakti kepada almarhum semasa hidupnya," kata Dudung saat menjadi inspektur upacara pemakaman Sertu Rizal seperti dilansir Antara.

Jenazah Sertu Rizal tiba di rumah duka yang berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat 28 Januari 2022 malam setelah diterbangkan dari Papua.

Jenazah Sertu Rizal diberangkatkan dari rumah duka hingga tiba di TMP Cikutra pukul 09.30 WIB. Setelah sejumlah prosesi dilakukan, jenazah Sertu Rizal dikebumikan sekitar pukul 10.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Tauladan

Jenderal Dudung menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya Sertu Rizal dan dua prajurit lainnya akibat penyerangan pos TNI di Puncak, Papua, oleh KKB. Dia berharap, gugurnya tiga prajurit TNI itu dapat menjadi suri tauladan bagi prajurit lainnya.

"Dan kami di samping merasa kehilangan, kami doakan semoga tiga almarhum prajurit terbaik ini diberikan tempat yang layak di sisi Allah," kata Dudung.

Dudung juga memberikan santunan kepada keluarga Sertu Rizal sebesar Rp 50 juta. Sejumlah pejabat TNI lainnya juga memberikan sejumlah santunan kepada keluarga korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Papua

  • KKB