TNI AL Segera Buka Pendaftaran untuk 500 Anggota Komponen Cadangan

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 28 Jan 2022, 06:43 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 06:43 WIB
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (foto: dokumentasi BNPB)
Perbesar
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (foto: dokumentasi BNPB)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menghadiri rapat kerja bersama DPR terkait rekrutmen komponen cadangan atau komcad. Dia mengatakan, matra laut TNI mendapat jatah sebanyak 500 prajurit untuk ditempatkan dalam divisi tersebut.

"Kan kita dapat jatah 500 (prajurit) nanti," kata Yudo di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Terkait pendaftarannya, dia mengatakan, Kementerian Pertahanan yang akan memberi arahan. Namun, dapat dipastikan pendaftaran akan dilakukan tahun ini.

"Belum ada direktif dari Kemhan. Pokoknya tahun 2022," jelas Yudo.

Pembukaan pendaftaran anggota komcad akan tersebar di tiap-tiap Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal). Teknisnya tidak akan jauh berbeda seperti pendaftaran untuk prajurit TNI AL pada umumnya.

"Nanti di lantamal-lantmal sama seperti pendaftaran Angkatan Laut. Nanti kan pasti akan kita telegramkan di Lantamal-Lantamal," urai Yudo.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Akan Jalani Pendidikan

Yudo mengungkap, Komcad TNI AL akan menjalani pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) dan Komando Pendidikan Marinir atau (Kodikmar). Soal tugas yang akan diemban, Komcad TNI AL akan menaungi soal pengawakan alutsista milik matra laut.

"Sehingga nanti kita komponen cadangannya kita cari para personel-personel yang bisa mengawaki alutsista baik kapal maupun udara. Nanti sebagian memang untuk mengawaki, apa namanya, pasukan marinir," Yudo memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya