KSAD Pimpin Upacara Pemakaman TNI yang Gugur Tertembak Kelompok Separatis Papua

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 28 Jan 2022, 06:26 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 06:26 WIB
FOTO: Jenderal Dudung Tinjau Kesiapan Pasukan Usai Apel di Monas
Perbesar
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman meninjau pasukan usai memimpin Apel Gelar Pasukan Jajaran TNI AD di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (25/1/2022). Pasukan TNI AD dan Alutsista dipamerkan saat mengikuti gelar apel pasukan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Tiga prajurit TNI tewas usai Pos Koramil Gome, Satgas Kodim YR 408/Sbh Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, diserang kelompok separatis teroris Papua, Kamis 27 Januari 2022. Tak hanya itu, seorang prajurit TNI lainnya kritis.

"Tiga prajurit atas nama Serda M Rizal Maulana Arifin, Pratu Tupel Alomoan Baraza, dan Pratu Rahman Tomilawa, meninggal dunia. Sedangkan satu prajurit lagi mengalami luka tembak atas nama Pratu Syaiful, saat ini berada di Puskesmas Ilaga bersama dengan Tim Evakuasi," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna dalam keterangan tertulis diterima, Kamis.

Menurut dia, peristiwa ini menorehkan duka mendalam ke keluarga besar TNI AD. Usai Satuan Kewilayahan Kodam XVII/Cenderawasih melakukan pengurusan jenazah, ketiga jenazah korban akan dipulangkan ke daerah asalnya untuk dimakamkan.

"Direncanakan, untuk jenazah Serda M Rizal Maulana Arifin, hari ini (Kamis, 27/1/2022) akan diterbangkan ke keluarganya di Bandung, sedangkan besok (Jumat, 28/1/2022) jenazah Pratu Tupel Alomoan Baraza diterbangkan ke Jambi dan jenazah Pratu Rahman Tomilawa ke Maluku Tengah," jelas Tatang.

Sebagai wujud penghormatan dan rasa cintanya kepada Prajuritnya yang gugur, Tatang mengatakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memimpin langsung upacara pemakaman Serda M Rizal Maulana Arifin di Bandung.

"Sedangkan upacara pemakaman Pratu Tupel Alomoan Baraza di Jambi akan dipimpin Pangdam II/ Sriwijaya dan upacara pemakaman Pratu Rahman Tomilawa di Maluku Tengah akan dipimpin oleh Pangdam XVI/Patimura," tutur Tatang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kronologi

Sebelumnya, tiga prajurit TNI AD tewas dalam kontak tembak dengan kelompok separatis teroris (KST) di Desa Tigilobak, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua. Kontak tembak tersebut bermula dari penyerangan yang dilakukan kelompok separatis itu ke Pos Koramil Gome Satgas Kodim YR 408/Sbh.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna menuturkan, kontak tembak terjadi pukul 04.30 WIT.

"Mengakibatkan tiga prajurit gugur dan satu prajurit mengalami luka tembak dengan kondisi kritis," ujar Tatang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/1/2022).

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya