Dinkes DKI Sebut Kasus Covid-19 di Jakarta Didominasi Transmisi Lokal

Oleh Yopi Makdori pada 27 Jan 2022, 22:51 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 22:51 WIB
Melihat Posko COVID-19 Dinas Kesehatan DKI Jakarta
Perbesar
Petugas melewati layar pemantau yang menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Dari 3.580 orang yang menghubungi Posko COVID-19 DKI Jakarta, ada 64 kasus kategori Orang Dalam Pantauan dan 56 Pasien Dalam Pengawasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Covid-19 yang tengah mengalami peningkatan di Jakarta didominasi oleh transmisi lokal. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti menyampaikan, mulanya kasus Covid-19 di Ibu Kota mayoritas dari para pelaku perjalan luar negeri (PPLN), namun seiring berjalannya waktu persentasenya berbalik.

"Memang sudah terjadi pergeseran yang awalnya rasio pelaku PPLN dan yang memang lokal itu awalnya kan tingginya di PPLN-nya. Saat ini sudah rasionya terbalik jadi sudah semakin banyak adalah (transmisi) lokal," papar Widyastuti di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Dia belum bisa memastikan apakah peningkatan kasus di Jakarta buntut libur Natal dan Tahun Baru.

"Belum dipastikan apakah itu efek apa, tentu perlu pendalaman," katanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Patuhi Prokes

Pihaknya mengimbau agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan. 

"Kita imbau tetep jangan lengah, pandemi belum selesai meskipun Omicron relatif tidak lebih berat jika dibandingkan varian Delta tapi tetap pastikan kalau kita sudah terlindungi dengan satu vaksinasi, yang kedua pastikan prokesnya tetap terjaga, tetap memakai masker, jaga jarak aman, dan seterusnya," Widyastuti menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya