Maruarar Sirait Ingatkan Pelaku Seni dan Budaya Jangan Menyerah Meski Ada Covid-19

Oleh Liputan6.com pada 26 Jan 2022, 18:12 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 23:15 WIB
maruarar
Perbesar
Politikus PDIP yang juga merupakan Dewan Pembina Yayasan Sukma Sajati, Maruarar Sirait menghadiri HUT Yayasan Sukma Sajati yang ke-4 di Sumedang, Jawa Barat, Rabu (26/1/2022). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Politikus PDIP yang juga merupakan Dewan Pembina Yayasan Sukma Sajati, Maruarar Sirait atau yang akrab disapa Bang Ara mengingatkan, para pelaku seni dan budaya jangan menyerah di masa pandemi Covid-19, terlebih dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya Sunda.

Hal ini disampaikannya saat hadir dalam HUT Yayasan Sukma Sajati yang ke-4 di Sumedang, Jawa Barat. Diketahui, yayasan ini khusus membina seni tari di wilayah tersebut.

Ara pun mengaku senang melihat ekonomi mastarakat mulai bergerak. Hal itu terlihat dari atraksi budaya tetap jalan sekalipun di tengah situasi sulit karena pandemi Covid-19. Dia menuturkan, seniman bisa berkembang bila dilakukan dengan promosi yang masif.

"Dengan begitu pula para pelaku seni itu bisa memberi makan keluarga mereka," kata Ara dalam keterangannya, Rabu (26/1/2022).

Dalam kesempatan itu, dia berharap pandemi Covid-19 di Indonesia bisa selesai, sehingga para seniman bisa kembali mendapatkan undangan manggung. Ara pun tak lupa mengajak masyarakat terus mendukung upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Kita doakan ekonomi baik, Covid-19 melandai. Kita hargai dan bangga pemerintah, Pak Presiden Jokowi, satgas juga bisa mengelola situasi Covid-19 dengan baik," kata dia.

Ara menuturkan, kehadirannya selain bersilahturahmi juga memberikan bantuan pendidikan senilai Rp 30 Juta. Dana itu untuk diberikan kepada anak-anak yang berkecimpung di dunia kesenian Sunda.

"Itu dana pendidikan, untuk para seniman muda, banyak yang masih sekolah SD, SMP dan SMA, kuliah juga. Saya senang jikalau bisa membantu, silaturahmi kami sudah sangat mendalam, kita gotong-royong sebagai insan Pancasila," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengapresiasi para Seniman

Ketua Yayasan Sukma Sajati, Rusanto Joko Prakoso, mengatakan, kedatangan Maruarar Sirait adalah betul-betul untuk mengapresiasi para seniman.

"Ini milangkala (ulang tahun) Sukma Sajati yang keempat, Bang Ara datang ke sini karena dia begitu peduli dengan budaya Sunda, sebab dia sendiri besar di Sunda," kata Joko.

Terkait dana pendidikan yang diberikan Maruarar, Joko mengatakan, uang itu akan diberikan kepada tiga orang berprestasi. Yakni, mereka yang kiprahnya sudah me-nasional.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya