Sukses

Infografis Pulau Jawa dan Pulau Sumatra Bergerak Menjauh

Regangan tektonik membuat Pulau Jawa dan Pulau Sumatra saling bergerak menjauh. Kondisi ini dapat berimplikasi pada kegempaan di Selat Sunda dan aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Jawa dan Pulau Sumatra yang yang dipisahkan Selat Sunda bergerak saling menjauh. Pulau Jawa dan Sumatra menjauh akibat adanya regangan tektonik.

Berdasarkan kajian riset, regangan itu akibat pergerakan lempeng Indo-Australia yang menyelusup ke lempeng Eurasia. Regangan tektonik itu setelah 2012 lebih signifikan daripada sebelumnya.

Menurut pakar kegempaan Institut Teknologi Bandung atau ITB Irwan Meilano, regangan tektonik ini dapat berimplikasi pada kegempaan di Selat Sunda. Termasuk berdampak pada aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Apakah regangan tektonik itu menjadi alarm kewaspadaan terhadap gempa besar dan tsunami? Berapa kali terjadi tsunami merusak di sekitar Selat Sunda? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis

3 dari 4 halaman

Alarm Kewaspadaan

4 dari 4 halaman

10 Tsunami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.