Sukses

Luhut soal Naiknya Kasus Omicron: Jumlah Kasus Aktif Masih Rendah Dibandingkan Delta

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa peningkatan kasus Covid-19 akibat varian Omicron masih terkendali.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa peningkatan kasus Covid-19 akibat varian Omicron masih terkendali.

Menurut dia, jumlah kasus harian Covid-19 saat ini masih jauh lebih rendah dibandingkan saat puncak varian Delta tahun 2021.

"Meski kasus meningkat, Pemerintah tetap dalam kendali penuh menghadapi varian Omicron. Peningkatan kasus relatif terkendali," kata Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/1/2022).

"Jumlah kasus konfirmasi dan aktif harian masih lebih rendah lebih dari 90 persen jika dibandingkan dengan kasus puncak Delta," sambungnya.

Adapun kasus Covid-19 varian Omicron pertama di Indonesia terdeteksi pada Desember 2021. Namun, Luhut menyebut hingga kini belum terlihat adanya kenaikan kasus virus corona secara signifikan di Indonesia.

"Sejak varian Omicron ditemukan satu bulan yang lalu di Indonesia, hari ini belum terlihat tanda-tanda kenaikan kasus yang cukup eksponensial seperti yang terjadi di belahan negara yang lain," katanya.

Berdasarkan data berbagai negara hari ini, kata dia, varian Omicron memang memberikan resiko perawatan dan juga tingkat kematian yang cukup rendah. Namun, varian Omicron lebih cepat menginfeksi dan menyebabkan jumlah kasus harian meningkat tajam.

"Dan berpotensi untuk meningkatkan jumlah perawatan di rumah sakit dalam waktu dekat sehingga mengancam sistem fasilitas perawatan rumah sakit," ujar Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersiap

Luhut menekankan bahwa pemerintah memastikan sistem kesehatan Indonesia sudah cukup siap dalam menghadapi varian Omicron.

Kendati begitu, dia tetap mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan agar kasus varian Omicron tak melonjak naik.

"Lngkah-langkah bijak dari segenap masyarakat yang mentaati protokol kesehatan dan mengikuti anjuran Pemerintah merupakan faktor utama dalam mencegah keparahan yang terjadi," kata Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19